Konsumsi buah memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun beberapa orang meyakini mitos tidak boleh makan buah lewat pukul 2 siang. Bagaimana faktanya?
Sebagian besar buah-buahan mengandung nutrisi penting yang akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jarang sekali buah-buahan yang memberikan efek negatif, bahkan buah dengan kandungan gula tinggi sekalipun.

Namun ada mitos yang berkembang seputar waktu tepat untuk mengonsumsi buah. Sebagian orang mengatakan bahwa buah-buahan tidak boleh dimakan lewat pukul 2 siang, apalagi pada malam hari. Mitos ini pun mengundang kebingungan banyak orang.

Lantas apa benar makan buah lewat pukul 2 siang bisa menuai dampak buruk bagi kesehatan? Dilansir dari indianexpress.com (22/06), ini penjelasan ahli gizi Mohita Gupta:

1. Penjelasan Ahli Gizi Soal Mitos Makan Buah di Siang Hari
Banyak orang memperdebatkan waktu yang tepat untuk makan buah. Akhirnya ahli gizi di India yaitu Mohita Gupta buka suara.

Ia meluruskan soal mitos tidak boleh makan mangga setelah pukul 2 siang. Ada juga yang bilang mangga tidak boleh dimakan setelah pukul 4 sore. Mereka yang meyakini mitos ini menganggap makan buah pada malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan, gangguan pencernaan, hingga diabetes.

Namun Mohita Gupta mengungkap bahwa tidak ada satupun klaim tersebut yang benar. Lewat Instagram pribadi miliknya @keeping_it_narrow, Mohita mengatakan terlalu banyak mitos yang tidak didasari oleh fakta.

“Buah tidak akan memberi asupan kalori ganda ataupun menjadi racun pada malam hari. Jadi berhentilah takut mengonsumsinya,” ungkap Gupta.

Buah adalah sumber serat yang bagus untuk pencernaan dan mengandung nutrisi esensial seperti potasium, serat makanan, vitamin C, hingga folat yang baik untuk tubuh.

2. Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Buah
Ada banyak mitos yang beredar seputar waktu terbaik untuk makan buah-buahan. Tetapi tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung mitos tersebut.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa makan makanan tinggi gula seperti buah, dapat meningkatkan kadar gula darah sekaligus membuat sistem pencernaan siap bekerja.

Sistem pencernaan ternyata tidak butuh dibangunkan karena dia bisa bereaksi sendiri saat ada makanan yang menyentuh lidah. Karenanya waktu mengonsumsi sebuah makanan tidak akan mempengaruhinya.

Buah adalah makanan yang bernutrisi. Meskipun beberapa buah mengandung gula yang tinggi, tetapi itu adalah gula alami.

Gupta mengatakan buah-buahan tidak akan menggandakan asupan kalori maupun menjadi racun pada malam hari. Ini berarti buah boleh dikonsumsi pada malam hari, asalkan tidak mepet dengan waktu tidur.

3. Jam Makan Buah
Ahli gizi Gupta menyarankan untuk tidak mengonsumsi buah atau makanan apapun dalam rentang 3 jam sebelum tidur. Foto: iStockphoto
Tidak ada istilah ‘waktu terbaik’ untuk mengonsumsi buah. Mungkin makan setelah pukul 2 siang dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan, tetapi berbeda dengan buah. Faktanya, buah bisa dikonsumsi setiap saat sepanjang hari.

Hanya saja ahli gizi Gupta menyarankan untuk tidak mengonsumsi buah atau makanan apapun dalam rentang 3 jam sebelum tidur. Ini dilakukan agar tidurmu lebih nyenyak.

Editor: ARON
Sumber: detikfood