Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Survei Litbang Kompas pada Juni 2022 menempatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) yang paling diidolakan generasi muda.

Mengutip Harian Kompas, Rabu (22/2/2022), Prabowo menempati urutan pertama sebagai capres pilihan Generasi centennial (Gen Z) dengan suara 28,9 responden.

Sementara Ganjar berada di posisi kedua dengan 23,1 persen, dan Anies hanya mengantongi suara 9,9 persen. Generasi Centennial ini merupakan responden yang berusia di bawah 26 tahun.

Namun, perolehan suara Prabowo dan Anies cenderung menurun dibanding survei Litbang Kompas pada periode Januari 2022. Sementara suara Ganjar merangkak naik. Saat itu Prabowo mengantongi 31,4 persen, Ganjar 18,2 persen, dan Anies 11,6 persen.

Di sisi lain, Ganjar menempati posisi pertama sebagai capres yang diidolakan generasi milenial muda (gen Y muda).

Ganjar mendapat suara 23,1 persen dari responden. Sementara, posisi kedua ditempati oleh Prabowo dengan keterpilihan sebesar 18,9 persen. Disusul Anies dengan suara 10,7 persen.

Gen Y muda ini merupakan responden yang kini berusia 26 hingga 33 tahun.

Perolehan suara Ganjar dari Gen Y muda ini meningkat 4,5 persen dari survei sebelumnya pada Januari 2022. Sedangkan Prabowo turun sekitar 1,9 persen dan Anies turun hingga 8,3 persen.

Hasil survei ini menunjukkan adanya penguatan dukungan pada Ganjar. Jika pada survei Litbang Kompas Januari 2022 naiknya elektabilitas Ganjar disumbang oleh menurunnya jumlah responden yang belum menentukan pilihan, pada periode ini pertambahan dukungan pada Ganjar disumbang dari suara yang sebelumnya memilih Prabowo maupun Anies.

Lebih lanjut, survei yang dilakukan pada 1200 responden di 34 provinsi ini juga turut merekam sosok lain yang diidamkan generasi muda untuk menjadi capres.

Di jajaran 10 besar pilihan gen Z, muncul nama Sandiaga S. Uno, Ridwan Kamil, Basuki T. Purnama (Ahok), Agus H. Yudhoyono (AHY), Erick Thohir, Tri Risma Harini, dan Andika Perkasa.

Erick sebagai pendatang baru di periode ini berhasil meraih 2 persen suara gen Z. Sandiaga, Ridwan Kamil, dan Ahok juga masing-masing memperoleh tambahan suara mencapai 2 persen.

Sementara itu, AHY, Tri Rismaharini, dan Andika Perkasa justru kehilangan suara.

Pada gen Y muda, sosok yang dipilih hampir serupa. Hanya saja, ada dua sosok yang memperoleh elektabilitas cukup tinggi, yakni AHY dengan 5,3 persen dan Risma dengan 4,1 persen.

Survei Litbang Kompas ini dilaksanakan pada 26 Mei-14 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dari 34 provinsi diwawancarai.

Sampel ditentukan secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di tiap provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error sekitar 2,8 persen.

Prabowo, Ganjar, dan Anies selalu menempati posisi tiga besar dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga lain. Seperti Survei Poltracking Indonesia mencatat elektabilitas Ganjar tertinggi, yaitu dengan raihan 30,6 persen. Kemudian disusul Prabowo 26,8 persen dan Anies 19,8 persen.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia