Ilustrasi. Agar tidak loyo sepanjang beraktivitas seharian, ada beberapa cara memulai hari dengan baik. (iStockphoto/PeopleImage)

Setiap hari Anda melakukan rutinitas yang hampir sama. Bangun tidur, melakukan persiapan dan perjalanan ke kantor, bekerja, lalu pulang, dan tidur kembali.

Terlihat membosankan, bahkan mungkin energi Anda sudah hilang sejak bangun dari tempat tidur saking bosannya dengan rutinitas tersebut. Sayangnya, tuntutan ekonomi hingga kebutuhan lainnya membuat Anda terpaksa menjalaninya setiap hari.

Jangan khawatir, ada beberapa cara memulai hari dengan baik yang bisa Anda ikuti. Cara ini akan membuat Anda berenergi sepanjang hari dan jauh dari kata loyo.

Psikolog dari University of Michigan, Michelle Segar mengatakan, energi hampir sama dengan tanaman hias yang harus diberi pupuk dan diisi ulang.

“Sama seperti tanaman hias membutuhkan air, cadangan energi kita perlu diisi ulang secara teratur,” kata dia, mengutip Health.

Cara Memulai Hari dengan Baik

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengisi ulang energi yang hilang akibat aktivitas harian rutin yang membosankan. Cara memulai hari dengan baik ini bisa Anda lakukan sejak pagi hari.

1. Jangan menunda hari

Sebaiknya segera bangun saat alarm pagi berbunyi. Jangan mematikannya dan kembali menarik selimut.

Tidur kembali setelah mematikan alarm hanya mengganggu siklus hormon yang akan membuat Anda semakin sulit untuk bangun.

2. Biarkan cahaya masuk

Ilustrasi. Membuka jendela jadi salah satu cara memulai hari dengan baik. (iStock/xijian)

Cahaya terang, baik yang alami dari maupun buatan, bisa membantu tubuh untuk segera bangun. Buka jendela kamar di pagi hari agar tubuh Anda bisa menyerap cahaya dan membuatnya lebih bersemangat.

3. Minum air putih

Minum air di pagi hari membantu tubuh terhidrasi agar bisa lebih bersemangat memulai hari. Dikutip dari Medical News Today, minum air di pagi hari juga dapat menangkal kantuk yang disebabkan oleh dehidrasi ringan.

4. Lakukan peregangan

Peregangan sederhana di pagi hari bisa membantu menghangatkan otot dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Banyak orang melakukan peregangan secara naluriah, seperti menggerakkan tangan di atas kepala, atau menjulurkan kaki di tempat tidur.

5. Mandi air dingin

Air dingin di pagi hari bisa memberi energi dan menyegarkan. Sebuah studi 2016 lalu menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi norepinefrin terjadi karena mandi air dingin.

Sebuah studi di North American Journal of Medical Sciences mencatat bahwa air dingin menyebabkan peningkatan detak jantung, aliran darah, dan sirkulasi. Oleh karena itu, mandi air dingin dapat merangsang tubuh untuk bangun dan lebih waspada sehingga membuat seseorang merasa berenergi.

6. Makan sarapan yang lebih ringan

Meskipun sarapan penting untuk memberi energi pada tubuh, hal itu mungkin memiliki efek sebaliknya jika seseorang makan dalam porsi besar. Mengonsumsi menu sarapan yang ringan jadi salah satu cara memulai hari dengan baik.

Sarapan yang lebih kecil dan sehat dapat membantu orang memulai hari lebih cepat dan mempertahankan tingkat energi mereka. Anda bisa mencoba bubur, sereal, telur, buah-buahan, dan sayuran.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia