Ada banyak cara mengubah file JPG ke PDF, mulai dari menggunakan bantuan aplikasi online atau bisa juga melalui pengaturan bawaan.

File jenis JPG beragam, bisa berupa foto, poster, CV, dan masih banyak lagi. Namun, ada kalanya file berformat JPG perlu dikonversi ke bentuk PDF agar memuat gambar yang berukuran lebih besar serta dapat digunakan untuk aplikasi berbeda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara yang bisa Anda coba untuk mengubah file JPG ke format PDF tanpa perlu unduh aplikasi.

Ilustrasi. Cara mengubah file JPG ke PDF online tanpa unduh aplikasi. (iStockphoto/NikVector)

1. Ilovepdf

Jika Anda mempunyai file JPG foto yang ingin diubah ke PDF, bisa menggunakan ilovepdf dengan mengunjungi situs www.ilovepdf.com.

Situs web resmi online ini sangat memudahkan pengguna yang ingin convert file sehingga tidak harus unduh aplikasi, bahkan cukup diakses lewat browser hp atau PC.

Setelah masuk ke situs tersebut akan ditampilkan sejumlah menu pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nanti Anda pilih menu JPG to PDF, kemudian klik Select JPG Images, pilih file JPG dari folder, klik Open, disesuaikan jadi Landscape atau Potrait, lalu klik Convert to PDF.

Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai. Setelah itu klik Download PDF dan file foto sudah tersedia di folder Download PC, tinggal Anda cek.

2. Microsoft Word

Cara mengubah file JPG ke PDF berikutnya bisa dengan Microsoft Word. Tapi, file foto harus terlebih dulu dimasukkan ke Ms. Word, setelahnya baru bisa diubah setelan ke PDF seperti berikut.

Pertama, sediakan foto dengan format JPG, kemudian buka Ms. Word, klik insert Picture, pilih satu file JPG lalu klik Insert.

Atur posisinya menjadi Landscape atau Potrait sesuai keperluan, jika sudah sesuai tinggal klik Save, pilih opsi Save as type, klik PDF, klik Save.

Sampai tahap terakhir, file JPG Anda sudah berhasil diganti ke format PDF dan tinggal cek kembali ke folder untuk memastikannya.

Convert JPG ke PDF lewat Microsoft Word ini hampir bisa dicoba di semua PC karena menggunakan software bawaan, dan Anda tidak harus masuk ke situs web atau mengunduh aplikasi.

3. Image to PDF

Opsi ketiga yaitu bisa menggunakan Image to PDF dengan masuk ke situs resminya, https://imagetopdf.com/.

Sistem pada Image to PDF juga hampir sama seperti Ilovepdf yang tidak memerlukan aplikasi tambahan khusus.

Cara mengubah file JPG ke PDF dengan Image to PDF juga cukup mudah. Setelah Anda masuk ke situsnya tinggal klik opsi Upload Files.

Pilih file JPG yang akan Anda convert lalu Open dan klik Download tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Untuk melihat hasil akhir, file yang sudah berhasil di-convert akan masuk ke folder Download sudah berubah menjadi format PDF.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia