Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Bike Region Sumatera Putaran 1 yang dilaksanakan di sirkuit non permanen Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, Kota Batam, Ahad (22/5/2022).

Selain menggelar Kejurnas Motor Bike Region Sumatera, secara bersamaan juga digelar Barelang Motor Sport (BMS) Drag Rice Champhionship Putaran 1 Tahun 2022, yang ditaja Ikatan Motor Indonesia (IMI) melalui BMS.

Ansar mengatakan bersyukur, seluruh masyarakat Kepri bisa menggelar kembali kegiatan olahraga otomotif setelah hampir dua tahun lebih vakum akibat Covid-19.

Menurut Gubernur, digelarnya kegiatan ini tidak terlepas dari kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang telah melonggarkan berbagai peraturan, termasuk saat ini telah diperkenankan melepas penggunaan masker di ruang terbuka.

Kejurnas ini sangat bermanfaat bagi kemajuan olahraga otomotif di Kepri itu sendiri. Bahkan kegiatan seperti ini juga berdampak pada kemajuan kembali sektor pariwisata khsususnya sport tourism.

Kegiatan ini sendiri diikuti peserta dari berbagai wilayah di Sumatera termasuk ada yang dari Pulau Jawa.

“Saya yakin Kejurnas ini akan melahirkan pembalap yang akan membanggakan Kepri, sekaligus membangkitkan kembali sektor pariwisata,” kata Bupati Bintan dua periode itu.

Dalam kesempatan ini mantan anggota DPR RI itu juga berkenan memberikan hadiah kepada para pemenang BMS Drag Rice Champinonship Putaran 1 Tahun 2022 untuk berbagai kategori kelas road race yang dipertandingkan.

Ketua panitia Kejurnas Drag Bike Region Sumatera 1 Willy Octra mengatakan, untuk Kejurnas Drag Bike kali ini, wilayah Sumatera mendapat 6 putaran, dimana 3 putaran dilaksanakan di Kepri, yakni putaran pertama, putaran kelima dan grand final nasional.

Berikutnya putaran kedua akan digelar di Pekanbaru Riau, putaran ketiga di Padang Sumbar dan putaran keempat di Jambi. Sementara untuk putaran kelima kembali digelar di Kepri. Sedangkan putaran keenam atau final digelar di Bangka Belitung.

“Kepri akan menjadi tuan rumah grand final nasional dari seluruh rangkaian kejurnas yang dilaksanakan di Indonesia, yang pelaksanaanya kemungkinan pada akhir November 2022 mendatang,” kata Willy.

Masih Willy, BMS Drag Rice Championship Putaran 1 Tahun 2022 kali ini, kegiatannya sengaja dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Kejurnas. Dengan harapan pelaksanaan kali ini makin meriah, jelasnya seraya mengatakan hadiah utama BMS Drag Rice Championship 1 kali ini sangat menarik.

Di hadapan Gubernur, selain akan membangun Sirkuit Formula One di Bintan, Willy juga berharap Kepri bisa memiliki sirkuit road race nasional untuk balapan motosport seperti Temenggung Abdul Jamal.

“Mudah mudahan bapak Gubernur berkenan, dan Kepri segera memiliki sirkuit nasional,” pinta Willy Octra mengakhiri.

Editor: PARNA