Pembebasan visa untuk 9 negara dan pemberian fasilitas visa on arrival (VoA) bagi wisman yang akan masuk ke Batam, Bintan dan Tanjungpinang merupakan sebuah kemajuan untuk industri pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan dengan adanya surat edaran (SE) terbaru mengenai pembebasan visa untuk 9 negara dan pemberian fasilitas VoA bagi wisman yang masuk ke Batam, Bintan dan Tanjungpinang merupakan sebuah kemajuan untuk dunia wisata, khusunya di Kepri

“Sekarang ini statusnya berubah dan saat ini sudah buka di seluruh pelabuhan,” kata Buralimar, Selasa (22/3/2022)

Disebutkan Buralimar, sekarang ini beberapa negara yang sudah mendapat fasilitas VoA tidak harus repot mengurus visa melalui online.

“Sekarang bisa mengurus visa secara langsung saat kedatangan. Bayarnya saat kedatangan. Negara yang sudah terdaftar itu sudah bisa masuk,” ungkapnya.

Namun demikian, ia menambahkan terkait progres semua pelabuhan yang akan buka nantinya baru akan segera dirapatkan bersama Imigrasi dan pengelola pelabuhan.

“Termasuk, persiapan petugas dalam mendirikan tempat pembayaran visa saat wisman masuk,” ucapnya.

Dengan berubahnya prosedur, kata Buralimar juga akan menambah petugas nantinya. Memang tidak ada target dalam pembukaan seluruh pelabuhan itu, karena saat ini sudah ada SE yang sudah dikeluarkan dan hanya tinggal menunggu kesiapan petugas nantinya.

“Petugas Imigrasi yang akan menambah petugasnya nanti,” tutupnya.

Editor: ARON