Skema travel bubble yang segera beralih ke Vaccinated Travel Lane (VTL) untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura belum sepenuhnya bisa dirasakan oleh pemilik wisata di Kepri, sebab berdasarkan ketentuan, pada tahap awal hanya Batam dan Bintan yang menjadi pintu masuk para turis.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar berharap pelaku wisata yang saat ini belum bisa dikunjungi oleh wisman Singapura bisa bersabar karena skema itu baru saja dimulai.

“Sekarang karena pandemi covid-19 masih cukup tinggi, kita batasi dua pintu dari Batam dan Bintan,” kata Buralimar, Kamis (24/2/2022).

Untuk ke depannya, kata Buralimar wilayah kunjungan wisman akan dievaluasi jika diperlukan perluasan maka akan dilakukan. Pihaknya akan mengusulkan ke pusat kalau kondisi wabah pandemi di Kepri makin terkendali.

“Sekarang kita lihat animo masyarakat dulu. Bisa saja kita buka di Harbour Bay dan lain-lain,” terangnya.

Sebelumnya, petugas tiket di tempat wisata Patung Seribu di Tanjungpinang mengatakan walaupun ada travel bubble, namun belum memberi dampak di lokasi wisata tempatnya bekerja.

“Travel bubble itu wismanya tidak bisa keluar lagoi. Kalau bisa tempat ini juga pasti terdampak karena biasanya wisman dari Lagoi ramai datang ke sini,” ujarnya.

Editor: HER