Makanan yang dikonsumsi seseorang memang berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya. Bahkan saat diet Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu yang dianggap lebih sehat dan mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh.

Tak hanya itu, makanan tertentu juga dianggap bisa memberi panjang umur. Ini bisa saja terjadi lantaran saat seseorang sehat, berbagai penyakit juga menjauh dari tubuhnya.

Dilansir dari Medical News Today, para ilmuwan menyimpulkan bahwa perubahan berkelanjutan dari pola makan khas Barat ke pola makan optimal sejak usia 20 tahun dapat meningkatkan harapan hidup sekitar 10,7 tahun untuk wanita dan 13 tahun untuk pria.

Profesor dari Universitas Bergen di Norwegia, Lars Thore Fadnes mengatakan, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membuat umur panjang. Makanan itu kebanyakan berupa biji-bijian.

“Makan lebih banyak polong-polongan, biji-bijian, dan kacang-kacangan serta makan lebih sedikit daging merah dan daging olahan diperkirakan menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan harapan hidup bagi individu dengan pola makan biasa,” kata Fadnes.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi agar bisa hidup lebih lama.

1. Sayuran golongan cruciferous
Sayuran yang tergolong dalam keluarga cruciferous seperti brokoli, kembang kol, kubis brussel, hingga kangkung memiliki nutrisi yang padat. Dilansir dari Very Well Health, kandungan sulforaphane fitokimia, cruciferous bisa melindungi dinding pembuluh darah dari sinyal inflamasi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan rendah glikemik yang bisa membantu mengurangi beban glikemik dari seluruh makanan. Kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

Terlepas dari kepadatan kalorinya, konsumsi kacang dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah, dan bisa menekan nafsu makan. Makan kacang secara teratur juga mengurangi kolesterol dan terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

3. Buah beri
Buah beri kaya akan antioksidan dan bisa membuat jantung lebih sehat. Buah beri juga memiliki sifat anti-kanker dan merupakan makanan yang sangat baik untuk otak, ada bukti bahwa konsumsi berry dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia

4. Delima
Delima adalah buah yang unik, dengan campuran rasa manis dan asam yang lezat. Fitokimia delima memiliki kemampuan melawan kanker, kardioprotektif, dan menyehatkan otak.

5. Jamur
Jamur dipercaya bisa menurunkan risiko kanker payudara. Jamur mengandung senyawa yang bisa menghambat produksi estrogen, jamur putih dan portobello sangat protektif terhadap kanker payudara.

6. Tomat
Berbagai nutrisi ditemukan dalam tomat. Dari mulai likopen, vitamin C dan E, beta karoten, hingga antioksidan flavonol. Likopen khususnya, melindungi terhadap kanker prostat, kerusakan kulit akibat sinar UV, dan penyakit kardiovaskular

7. Kopi atau teh
Dilansir dari berbagai sumber, kopi dan the memang memiliki banyak kontroversi berkaitan dengan kesehatan. Tetapi, ada kemungkinan efek antioksidan kopi dan teh yang membantu menjaga kesehatan.

Kopi dikenal bersifat asam. Mungkin karena alasan ini yang terbaik adalah minum teh. Ada bukti bahwa kafein dapat menyebabkan disfungsi endotel.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia