Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad ajak seluruh asosiasi pariwisata untuk menghidupkan kembali pariwisata di Kepri.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad mengaku sedang berjuang untuk menangkap momentum penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 yang sedang dipersiapkan oleh Pemerintah Indonesia agar bisa dilaksanakan di Provinsi Kepri.

Di hadapan seluruh asosiasi pariwisata se Kepri, niat kuat tersebut disampaikan sekaligus meminta doa dan dukungan agar pemerintah pusat menyetujui.

“Saya minta dukungan dari semua rekan-rekan asosiasi pariwisata untuk membantu saya dengan doa dan kesiapan secara optimal untuk menangkap momentum ini. Saya percaya, rekan-rekan asosiasi pariwisata di Kepri ini kapasitas sangat bagus dan sudah tidak diragukan lagi dalam menyelenggarakan event internasional seperti KTT G20 nanti,” ungkap Ansar.

Rencana penyelengaraan G20 tersebut disampaikan Gubernur Ansar dalam pertemuan ngopi bareng dengan seluruh asosiasi pariwisata se Kepri di Bintang Kopi Batam, Selasa (11/1/2022).

Hampir 100 persen ketua asosiasi pariwisata dari 70 asosiasi yang ada hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan yang berlangsung secara akrab tersebut juga menampung berbagai masukan dari para asosiasi pariwisata untuk kebangkitan pariwisata Kepri, termasuk menyampaikan kerinduan masyarakat pulau-pulau di Batam untuk dikunjungi Gubernur Ansar.

“Saya sudah menyampaikan ke Menteri Bappenas permintaan Kepri sebagai tempat penyelengaraan KTT G20 ini. Tim Bappenas akan segera turun melakukan beberapa survei di Bintan dan Batam,” kata Ansar.

“Sekali lagi, mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Kepri agar Kepri disetujui tempat diselenggarakannya KTT G20. Jika disetujui, sebuah berkah yang luar biasa bagi Kepri,” tambahnya.

Masih dalam usaha menghidupkan kembali pariwisata Kepri, Gubernur Ansar juga akan meminta berbagai coorporate untuk menyelenggarakan event-event mereka.

Ansar berencana akan mendatangi perusahaan-perusahaan tersebut secara bertahap. Kepri aman dan nyaman harus diyakini dan dirasakan seluruh masyarakat Kepri dan para calon wisman yang akan masuk ke Kepri nantinya.

Gubernur Ansar meminta kerjasama seluruh stakeholder dan masyarakat untuk menjaga kondisi Covid-19 Kepri aman tanpa memunculkan kasus baru. Kondisi Covid-19 Kepri benar-benar zero.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar menyampaikan ada sekitar 200 event yang masuk dalam kalender event Provinsi Kepri.

Buralimar berharap seluruh event yang sudah terdata tersebut bisa terselenggarakan dengan baik.

“Yang sudah mendaftarkan eventnya ke Dispar Kepri persiapkan diri dengan baik, sehingga seluruh event yang sudah masuk dalam kalender bisa terselenggara semuanya sehingga pariwisata Kepri bisa bergairah lagi. Dan jangan lupa, sesuai informasi dari gubernur tadi, persiapkan juga diri untuk menyambut KTT G20,”  ucap Buralimar.

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Editor: ARON