Foto: iStock

Kesepian ternyata dapat menimpa anak-anak. Apabila tidak diatasi dengan baik dapat berdampak buruk pada kehidupan mereka.

Salah satunya muncul kecemasan yang dapat mengurangi rasa percaya diri ketika berada di lingkungan sosial. Kondisi kesepian juga dapat mempengaruhi kesehatan anak.

Menurut dokter psikologi klinis dan dosen di University of Mandi Maria Loades, efek kesepian masih ada yg lain. Yaitu pada harga diri anak hingga kesejahteraannya di masa depan.

“Ada bukti kesepian dikaitkan dengan hasil kesehatan mental di kemudian hari, hingga 9 tahun kemudian,” ungkap Maria Loades yang dikutip dari laman HaiBunda.

5 Tanda kesepian pada anak:

1. Mencari perhatian
Karena merasa kesepian beberapa anak berusaha mencari perhatian dari orang lain baik dari orang tua maupun anak-anak lain.

Mereka melakukan hal ini dengan beberapa cara yaitu mulai bertingkah dengan menjadi komikus kecil atau mencari cara lain untuk menjadi pusat perhatian.

Anak-anak dan remaja yang kesepian juga menunjukkan perubahan perilaku seperti memiliki teman imajiner dan menjadi pengganggu di sekolah.

2. Menarik diri atau menunjukkan kesedihan
Jika anak berubah menjadi diam padahal dahulunya ceria dan mudah bergaul dengan teman-temannya, maka orang tua harus mempertanyakannya.

Perhatikan suasana hati anak, apa yang membuatnya sedih dan merasa kesepian.

3. Murung hingga harus diajak bicara
Jika anak-anak murung di rumah, ajaklah anak berbicara dan cari alasan mengapa ia merasa kesepian https://www.detik.com/tag/kesepian . Mungkin karena ada permasalah di sekolah atau lain sebagainya.

Ajaklah anak berbicara baik-baik dan jangan biarkan anak dibully.

4. Tidak bisa jauh dari orang tua
Anak yang merasa sangat kesepian tidak dapat jauh dari orang-orang terdekatnya seperti orang tua. Jika jauh dari orang tua akan membuat dirinya kesepian.

5. Tidak dapat berbicara tentang kegiatan yang dilalui
Jika anak kesulitan mengatakan apa yang mereka lakukan dengan teman sekelasnya di taman bermain maupun berinteraksi saat sekolah itu mungkin karena mereka tidak berinteraksi sama sekali. Hal ini merupakan tanda kesepian.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia