Resolusi Tahun Baru bisa jadi hal paling diincar jelang tahun baru. Tapi hati-hati resolusi juga seringkali tak terwujud dan bikin orang cepat nyerah. (Istockphoto/Cn0ra)

Resolusi tahun baru bisa jadi hal paling diincar jelang tahun baru. Semua orang membuat berbagai rencana dan resolusinya. Berbagai rencana dalam hidup ini rata-rata dimulai pada 1 Januari.

Namun jika dilakukan penelitian tentang perubahan kebiasaan, maka hanya setengah dari resolusi tahun baru yang mungkin bisa keluar di Januari, apalagi bertahan seumur hidup.

Namun adakah cara agar resolusi ini bisa bertahan seumur hidup dan terwujud?

Gunakan pendekatan resolusi tahun lalu. Ingat bahwa resolusi tahun baru tak melulu harus baru. Resolusi tahun lalu juga bisa dipakai untuk tahun ini.

Pendekatan resolusi tahun lalu Ini menggabungkan wawasan dari psikolog dan guru pengembangan diri pertama di Amerika, Benjamin Franklin, yang memelopori model perubahan kebiasaan yang jauh di depan zamannya.

Memakai pendekatan “tahun lama”, mungkin Anda dapat menghindari tantangan tak terelakkan yang datang dengan resolusi tahun baru tradisional dan mencapai perubahan positif yang tahan lama.

Mengutip AP, penelitian menyoroti dua potensi jebakan dengan resolusi tahun baru.

Pertama, jika Anda kurang percaya diri untuk berinvestasi dalam upaya penuh, kegagalan untuk mencapai tujuan dapat menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Selain itu, jika Anda mempertahankan perubahan tetapi menganggap kemajuan sebagai sangat lambat atau tidak memadai, Anda dapat mengabaikan upaya tersebut.

Resolusi tahun lalu berbeda. Alih-alih menunggu sampai Januari untuk mulai mencoba mengubah hidup Anda, Anda melakukan lari kering sebelum tahun baru dimulai.

Berikut cara kerjanya
Pertama, identifikasi perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup Anda. Apakah Anda ingin makan lebih baik? Bergerak lebih banyak? Ingin lebih banyak tabungan? Sekarang, dengan 1 Januari lagi, mulailah hidup sesuai dengan komitmen Anda.

Lacak kemajuan Anda. Anda mungkin terkadang tersandung, tetapi inilah masalahnya: Anda baru saja berlatih.

Psikolog Carol Dweck dan rekan-rekannya telah menunjukkan bahwa ketika orang melihat kegagalan sebagai hasil alami dari upaya untuk mencapai sesuatu yang menantang, mereka cenderung bertahan pada tujuan.

Namun, jika orang menganggap kegagalan sebagai tanda definitif bahwa mereka tidak mampu – atau bahkan pantas – sukses, kegagalan bisa membuat Anda cepat menyerah.

Banyak dari orang secara tidak sengaja mengatur diri kita sendiri untuk gagal dengan resolusi tahun baru kita. Pada 1 Januari, Anda langsung terjun ke gaya hidup baru dan, secara mengejutkan, tergelincir, jatuh, tergelincir lagi – dan akhirnya menyerah.

Resolusi tahun lalu menghilangkan tekanan. Ini memberi Anda izin untuk gagal dan bahkan belajar dari kegagalan. Anda dapat perlahan membangun kepercayaan diri, sementara kegagalan menjadi bukan masalah besar, karena semuanya terjadi sebelum “tanggal mulai” resmi dari resolusi tersebut.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia