Saat tekanan darah rendah, konsumsi makanan yang menaikkan tekanan darah. Berikut makanan yang baik untuk orang dengan tekanan darah rendah.(Foto: iStockphoto/LumenSt)

Saat kondisi tekanan darah rendah, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dapat memicu kenaikan tekanan darah. Terdapat sejumlah makanan yang baik untuk orang dengan tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah adalah kondisi yang terjadi saat darah mengalir melewati pembuluh darah dengan tekanan yang lebih rendah daripada normal. Tekanan darah rendah berkisar kurang dari 90/60 mmHg. Kondisi ini dikenal juga dengan hipotensi.

Tekanan darah rendah yang diabaikan dapat menimbulkan gejala berupa penglihatan kabur, kesulitan berkonsentrasi, kelelahan, serta mual dan muntah.

Selain dengan obat-obatan, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang membantu menaikkan tekanan darah. Berikut makanan yang baik untuk orang dengan tekanan darah rendah:

1. Garam
Asupan garam yang tinggi dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Garam juga memengaruhi hormon yang mengontrol keseimbangan air tubuh sehingga tekanan darah lebih stabil.

Anda bisa meningkatkan konsumsi garam dengan makan makanan asin dan membumbui makanan dengan lebih banyak garam.

2. Makanan yang mengandung vitamin B-12
Menurut American Heart Association, kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan anemia yang mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu, orang dengan tekanan darah rendah disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12.

Dikutip dari Healthline, makanan yang mengandung vitamin B-12 di antaranya adalah telur, daging, sereal fortifikasi, dan susu dari tumbuhan.

3. Makanan yang mengandung folatĀ atau B-9
Dikutip dari Medical News Today, makanan yang mengandung folat juga dapat membantu menaikkan tekanan darah. Makanan yang kaya folat di antaranya sayuran berdaun hijau, brokoli, telur, buah jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hati sapi.

4. Kafein
Konsumsi juga makanan dan minuman yang mengandung kafein. Studi menunjukkan kafeein dapat membantu menstimulasi sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung. Kondisi ini membuat tekanan darah meningkat.

5. Makanan rendah karbohidrat
Pilih makanan rendah karbohidrat dalam menu harian Anda. Studi menunjukkan diet rendah karbohidrat dapat membantu mengatasi hipotensi terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Anda bisa memilih sumber karbohidrat yang tinggi serat dan meningkatkan asupan protein.

Itulah 5 makanan yang baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia