Pilihan makanan Anda memengaruhi otak Anda. Aneka makanan juga bisa membantu kesehatan otak. Berikut makanan super yang bisa membantu kesehatan otak.(iStockphoto/alvarez)

Selama ini orang berpikir untuk menjaga otak tetap sehat dan kuat hanya bisa dilakukan lewat olahraga dan juga melakukan permainan serta mengisi TTS.
Padahal sebenarnya, aneka makanan juga bisa membantu kesehatan otak. Berikut makanan super yang bisa membantu kesehatan otak.

Pilihan makanan Anda memengaruhi otak Anda dan bahkan mungkin mempertegas perbedaan antara pemikiran jernih dan kelupaan yang cenderung berkembang seiring bertambahnya usia.

“Otak yang sehat bergantung pada tubuh yang sehat. Sirkulasi darah yang baik itu penting, jadi lemak sehat dan karbohidrat sehat adalah awal yang baik,” kata Walter Willett, profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health.

Berikut adalah empat makanan yang membantu menjaga kesehatan otak dan tubuh Anda:

1. Telur
Kuning telur mengandung dengan kolin, sejenis vitamin B yang digunakan tubuh Anda untuk membuat bahan kimia yang memengaruhi suasana hati dan memori.

2. Kacang Hitam
Mengutip Yahoo, kacang khususnya kacang hitam menyediakan folat atau vitamin B9.Kekurangan folat dapat menyebabkan kehilangan memori dan kelupaan.

3. Buah berri
Buah-buahan yang berwarna-warni ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi.

4. Kenari
Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah kenari dapat membantu mengurangi risiko pikun dan dapat menunda penurunan kemampuan berpikir yang umumnya datang seiring bertambahnya usia.

Blueberry dan buah beri berwarna lainnya menghasilkan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa antioksidan dalam blueberry telah ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak.

5. Kopi
Mengutip Healthline, dua komponen utama dalam kopi – kafein dan antioksidan – dapat membantu mendukung kesehatan otak.

Kafein yang ditemukan dalam kopi memiliki sejumlah efek positif pada otak, termasuk Peningkatan kewaspadaan. Kafein membuat otak Anda tetap waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia yang membuat Anda merasa mengantuk.

6. Kunyit
Bumbu kuning tua ini adalah bahan utama dalam bubuk kari dan memiliki sejumlah manfaat untuk otak.

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, telah terbukti melewati sawar darah-otak, yang berarti dapat langsung masuk ke otak dan bermanfaat bagi sel-selnya.

Curcumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer. Ini juga dapat membantu membersihkan plak amiloid yang merupakan ciri khas penyakit ini.

7. Brokoli
Sayuran hijau ini menjadi makanan super untuk otak, pasalnya sayuran ini punya antioksidan yang tinggi. Ini juga sangat tinggi vitamin K, memberikan lebih dari 100 persen Asupan Harian yang Direkomendasikan (RDI) dalam porsi 1 cangkir (160 gram) brokoli matang.

Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia