Ilustrasi virus corona. (iStockphoto/koto_feja)

Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 314 pada hari ini, Minggu (21/11). Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 4.253.412 sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020 lalu.

Dari total kasus positif, sebanyak 4.101.547 di antaranya telah sembuh. Pasien yang sembuh dari infeksi virus corona bertambah 331 dari hari sebelumnya.

Kemudian 143.739 di antaranya meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi Covid-19 bertambah 11 dari hari sebelumnya.

Jumlah kasus aktif berkurang 28 pada hari ini, sehingga total menjadi 8.126 Spesimen yang diperiksa pada hari ini sebanyak 239.180 sampel.

Jumlah penambahan kasus positif virus corona memang sudah tidak sebanyak ketika terjadi lonjakan pada Juli dan Agustus lalu. Namun, pemerintah tak ingin masyarakat menjadi abai protokol kesehatan.

Pemerintah meminta seluruh warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan serta ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Semua itu guna mengantisipasi penularan virus corona.

Pemerintah juga baru saja mengumumkan rencana kebijakan baru untuk mengantisipasi lonjakan kasus di akhir tahun atau bertepatan dengan momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa seluruh daerah di Indonesia harus menerapkan PPKM Level 3 di akhir tahun nanti. Keputusan itu diambil guna membatasi mobilitas masyarakat demi meminimalisir potensi penularan virus corona.

“Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11).

Selain itu, pemerintah pun melarang warga merayakan pergantian tahun dengan berpesta serta menyalakan kembang api bersama-sama. Kerumunan akan dicegah agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia