Cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari dengan alami. (iSrockphoto/Everyday better to do everything)

Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari memang bisa membuat kulit terbakar atau sunburn. Akibatnya, kulit yang tersengat panas matahari menjadi gosong dan berkurang elastisitasnya.

Akan tetapi, kondisi tersebut dapat diatasi dengan cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami.

Selain warna kulit jadi satu tingkat lebih gelap, sunburn biasanya dibarengi dengan tanda-tanda lain, seperti muncul kemerahan serta rasa perih ketika baru terjadi.

Kulit terbakar akibat sengatan matahari biasanya mereda sekitar 3 sampai 5 hari, sementara bekas lukanya dapat normal kembali dalam beberapa minggu.

Cara Mengatasi Kulit Gosong akibat Sinar Matahari

ilustrasi susu kunyitCara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami dengan mengoleskan susu kunyit (Foto: iStockphoto/AnnaPustynnikova)

Proses pemulihan kulit yang terbakar oleh sinar UV ini bisa ditangani secara mandiri di rumah dengan bahan-bahan alami berikut.

1. Susu dan kunyit

Perpaduan susu dan bubuk kunyit yang dijadikan masker wajah dapat membantu penyembuhan kulit bermasalah akibat paparan matahari.

Cukup tuangkan sedikit susu putih bubuk, kunyit, lalu oleskan ke permukaan wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan lakukan berulang minimal 3 kali seminggu.

2. Aloe vera

Aloe vera sliced and aloevera gel on wood table background.cara mengembalikan kulit yang terbakar matahari dengan gel lidah buaya (Foto: iStockphoto/Everyday better to do everything)

Cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami juga bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terkena sinar matahari. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

3. Putih telur

Ilustrasi Teknik Memecahkan TelurCara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami dengan putih telur dan madu (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Masker wajah dari putih telur dan madu sangat bermanfaat untuk mengencangkan sekaligus eksfoliasi sel-sel kulit mati yang gosong.

Campurkan kedua bahan utama ke dalam wadah. Aplikasikan ke wajah secara merata dan biarkan sampai kering meresap, setelah itu bersihkan wajah dengan air.

4. Pepaya

pepaya (Pixabay/Stevepb)Cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami dengan masker pepaya (Foto: Pixabay/Stevepb)

Cara lainnya bisa memakai masker buah pepaya yang sudah halus serta satu sendok teh madu untuk melembapkan.

Gunakan masker pepaya selama 10-15 menit. Setelahnya dibersihkan seperti biasa, tapi harus dilakukan berulang supaya hasilnya maksimal.

5. Lemon

Ilustrasi buah lemonCara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami dengan lemon (Foto: Raw Pixel)

Menggunakan masker air lemon dan madu dipercaya ampuh mengembalikan warna kulit tidak merata akibat terkena sinar matahari.

Cukup gunakan 2 sendok teh air lemon dengan 1 sendok makan madu lalu aplikasikan ke wajah selama 15 menit. Sebaiknya cara ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Tips Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Woman hand apply sunscreen on the beachTips melindungi kulit dari sinar matahari (Foto: Istockphoto/bymuratdeniz)

Kegiatan di luar ruangan yang bersentuhan langsung dengan sinar matahari memang tidak dapat terhindarkan.

Tapi, Anda wajib memberi proteksi ekstra pada kulit wajah dan badan untuk mengurangi risiko terpapar matahari yang sebabkan kulit rusak. Berikut tipsnya dilansir dari Healthline.

  • Sinar UV pukul 12 siang ke atas dianggap berbahaya karena meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, kurangi aktivitas luar ruang di siang hari.
  • Gunakan tabir surya khusus wajah dan badan dengan SPF 15 meski cuacanya berawan atau lebih dari itu apabila seharian di luar. Ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali.
  • Pakai topi dengan pinggiran lebar untuk melindungi wajah, telinga, dan leher Anda dari paparan sinar matahari.
  • Gunakan kacamata hitam sebagai proteksi mata dan kulit di sekitar mata dari sinar UV.
  • Perbanyak minum air putih supaya tubuh tidak dehidrasi serta kelembapan kulit terjaga.

Cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami mungkin kurang efektif untuk kondisi yang parah dan sebaiknya ambil perawatan medis sesuai saran dokter dermatologi.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia