Prancis dan Belgia berhasil lolos ke Piala Dunia 2022. (REUTERS/GONZALO FUENTES)

ikan tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Berikut daftar enam negara lolos ke Piala Dunia 2022.

Prancis dan Belgia jadi dua negara terbaru yang lolos ke Piala Dunia 2022. Kedua negara itu mengikuti jejak Jerman, Denmark, Brasil, dan tuan rumah Qatar.

Prancis memastikan tiket ke Piala Dunia usai menggulung Kazakhstan 8-0 di Parc des Princes, Paris, Minggu (14/11/2021) dini hari WIB. Di laga itu, Kylian Mbappe mencetak empat dari delapan gol Les Bleus.

Empat gol Prancis lainnya dijaringkan Karim Benzema (dua gol), Adrien Rabiot, dan eksekusi penalti Antoine Griezmann.

Prancis berhak lolos usai menduduki posisi puncak Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022. Koleksi 15 poin yang diraih skuad asuhan Didier Deschamps tidak bisa lagi dikejar Finlandia yang berada di peringkat kedua dengan satu laga tersisa.

Di pertandingan lain, Belgia jadi tim berikutnya yang lolos usai menang 3-1 atas Estonia di Stadion Raja Baudouin, Brussels. Tiga gol yang menentukan kemenangan Belgia diceploskan Christian Benteke pada menit ke-11, Yannick Carrasco (53′), dan Thorgan Hazard (74′).

Tambahan tiga poin itu membuat Belgia kokoh di puncak klasemen Grup E dengan 19 poin dari 7 laga. Perolehan poin yang dimiliki Belgia tidak bisa lagi dikejar Belgia yang menempati posisi kedua dengan 14 poin.

Sebelumnya, selain Qatar yang menjadi tuan rumah, Jerman dan Denmark memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia dari jalur kualifikasi zona Eropa. Sementara Brasil lolos karena sudah dipastikan akan finis minimal di posisi 4 besar kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Daftar 6 Negara Lolos ke Piala Dunia 2022

1. Qatar
2. Jerman
3. Denmark
4. Brasil
5. Belgia
6. Prancis

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia