Studi ungkap sering minum kopi berisiko alami penyakit ginjal. (Foto: Karolina/KaboomPics)

Studi terbaru mengungkapkan orang yang sering minum kopi lebih berisiko mengalami penyakit ginjal. Hasil penelitian ini didapat setelah ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini menganalisis hubungan minum kopi dan penyakit ginjal pada hampir 5.000 orang.

Peneliti memeriksa 372 metabolit dalam darah yang terkait dengan metabolisme. Peneliti menemukan satu metabolit yang terkait dengan kopi yang dapat membantu ginjal lebih sehat.

Di sisi lain, peneliti menemukan dua metabolit terkait kopi yang meningkatkan risiko penyakit ginjal.

“Ada dua metabolit lain terkait dengan kopi yang secara mengejutkan terkait dengan risiko penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi,” kata peneliti yang merupakan profesor epidemiologi Casey Rebholz, dikutip dari Independent.

Peneliti juga menemukan metabolit ini terkait dengan merokok. Alhasil, minum kopi dan merokok semakin meningkatkan risiko pada penyakit ginjal.

“Senyawa ini juga dikaitkan dengan merokok, yang mungkin sebagian menjelaskan mengapa senyawa ini dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi,” kata Rebholz.

Penyakit ginjal kronis adalah kondisi kerusakan ginjal yang berlangsung jangka panjang. Menurut NHS, risiko penyakit ginjal kronis meliputi usia, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, infeksi ginjal, dan kondisi lain yang membebani ginjal.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia