West Ham hajar Liverpool di Liga Inggris. (Reuters/TONY OBRIEN)

West Ham United menang 3-2 atas Liverpool pada pekan ke-11 Liga Inggris di Stadion London, Minggu (7/11) malam.

West Ham unggul lebih dulu melalui bunuh diri Alisson Becker setelah salah mengantisipai sepak pojok Pablo Fornals pada menit keempat.

Gol itu sempat diprotes karena dianggap terjadi pelanggaran terhadap Alisson. Namun VAR menunjukkan tidak ada pelanggaran, dan gol tetap jadi milik The Hammers.

Liverpool memiliki kesempatan menyamakan kedudukan setelah mendapat tendangan bebas dari depan kotak penalti usai Mohamed Salah dilanggar Declan Rice.

Peluang gol itu tidak disia-siakan Trent Alexander-Arnold yang mencetak gol penyeimbang pada menit ke-41. Tendangan melengkung Alexander-Arnold ke pojok kiri atas gawang West Ham tidak bisa dijangkau kiper Lukasz Fabianski.

Pada awal babak kedua West Ham nyaris kembali unggul jika saja sundulan Craig Dawson yang memanfaatkan sepak pojok tidak membentur mistar gawang Alisson pada menit ke-50.

Liverpool membalas ancaman West Ham dengan serangan Sadio Mane pada menit ke-51. Akan tetapi tendangan Mane hasil umpan silang Andrew Robertson bisa ditepis kiper.

Tuan rumah kembali unggul pada menit ke-67 berkat gol Pablo Fornals. Gol itu bermula dari kesalahan Sadio Mane yang gagal mengontrol bola dengan baik.

Usai menerima operan Fabinho, penguasaan bola Mane tidak, sehingga direbut pemain West Ham yang langsung melakukan serangan balik.

Jarrod Bowen menggiring bola hingga area pertahanan Liverpool, lalu memberikan umpan terobosan kepada Fornals.

Dari luar kotak penalti Fornals melepaskan tembakan mendatar. Bola sempat ditepis Alisson, namun kencangnya tendangan membuat bola tetap masuk ke gawang.

Liverpool berupaya merespons gol itu dengan serangan lain. Tetapi, sundulan Diogo Jota pada menit ke-69 usai memanfaatkan umpan Jordan Henderson masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Fabianski.

West Ham menambah keunggulan jadi 3-1 lewat sundulan Kurt Zouma. Mantan pemain Chelsea itu membobol gawang Alisson dengan sundulan usai memanfaatkan sepak pojok Bowen.

Liverpool memperkecil kedudukan lewat pemain pengganti Divock Origi yang memanfaatkan kemelut di depan kotak penalti West Ham pada menit ke-83.

Sadio Mane membuang kesempatan emas menyamakan skor setelah sundulannya pada menit ke-90+1 menyambut umpan Alexander-Arnold masih menyamping di sisi kiri gawang West Ham.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia