Pembalap Red Bull Honda Max Verstappen meraih kemenangan Formula 1 (F1) GP Meksiko 2021 di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Senin (8/11) dini hari waktu Indonesia.

Nasib nahas dialami Valtteri Bottas yang meraih pole position pada balapan ini. Setelah start Bottas mengalami insiden dengan Ricciardo di tikungan 1 sehingga harus terjun ke posisi 18.

Tidak hanya itu, pada awal-awal lap juga terjadi kecelakaan yang melibatkan Yuki Tsunoda dari Alpha Tauri dan pembalap Haas Mick Schumacher yang membuat safety car dikeluarkan.

Ketika balapan kembali dimulai, Max Verstappen mengambil alih posisi terdepan, diikuti Lewis Hamilton dan pembalap tuan rumah Sergio Perez.

Ketika Perez mengambil alih posisi pembalap terdepan tribune di Sirkuit Hermanos Rodriguez bergemuruh. Perez di posisi terdepan setelah Vertappen masuk pit pada lap 33.

Meski demikian, Verstappen tidak perlu menunggu lama, karena kembali menjadi pemimpin balapan setelah Perez masuk pit pada lap 41.

Sejak itu posisi Verstappen sebagai pemimpin balapan nyaris tidak tergoyahkan. Pada beberapa lap terakhir, Verstappen mampu unggul +18,963 detik atas Hamilton.

Verstappen akhirnya mempertahankan posisi di depan hingga balapan usai, diikuti Hamilton dan Perez yang naik podium. Kemenangan tersebut membuat Verstappen unggul 19 poin atas Hamilton di klasemen F1 2021.

Kemenangan pada F1 GP Meksiko musim ini mengukuhkan Verstappen sebagai ‘Raja’ GP Meksiko. Dengan capaian tersebut, Verstappen tercatat sudah tiga kali memenangi F1 GP Meksiko sejak seri ini masuk kalende Formula 1 pada 1963.

Verstappen mengungguli sejumlah legenda seperti  Jim Clark hingga Alain Prost yang memenangi dua balapan di F1 GP Meksiko, termasuk Hamilton dengan torehan serupa.

Sebelumnya, Verstappen dua kali memenangi balapan F1 GP Meksiko pada edisi 2017 dan 2018.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia