Membuat teh yang nikmat bukan hanya sekadar menyeduh dengan air panas. Lebih daripada itu, ada sejumlah rahasia meracik teh yang nikmat. (iStockphoto/owngarden)

Membuat teh yang nikmat bukan hanya sekadar menyeduh dengan air panas. Lebih daripada itu, ada sejumlah rahasia meracik teh yang nikmat dan tak banyak orang yang tahu.

Anda bisa menerapkan langkah-langkah membuat teh ini di rumah untuk bisa mendapatkan rasa yang nikmat, aroma yang segar, dan manfaat kesehatan.

Berikut lima rahasia meracik teh yang nikmat:

1. Kualitas air

Air adalah elemen penting dalam menyeduh teh. Gunakan air dengan kadar garam dan mineral yang rendah. Menurut Tong Tji Tea Indonesia, air dengan kadar garam dan mineral yang tinggi akan memengaruhi rasa kemurnian teh saat diseduh.

2. Temperatur air

Tingkat temperatur air juga mesti diperhatikan saat ingin menyeduh teh. Direkomendasikan untuk menggunakan air dengan suhu 90-90 derajat Celcius untuk mendapatkan rasa dan aroma yang nikmat dari teh.

3. Penyimpanan

Jangan simpan teh di dalam kulkas maupun tempat lembap lainnya. Suhu yang dingin dan kondisi lembap membuat teh bakal mudah berjamur.

Begitu pula dengan tempat yang panas atau di bawa terik matahari. Aroma teh bakal menguap dan kadar teh akan menurun.

Jauhkan pula teh dari bumbu-bumbu dapur yang beraroma menyengat. Teh punya sifat menyerap bau sehingga aroma teh bakal hilang.

Simpan teh di tempat yang kering dan tertutup dengan suhu yang sejuk dan tidak lembap.

4. Waktu konsumsi teh

Perhatikan pula waktu mengonsumsi teh. Segera konsumsi teh panas saat suhunya sudah mulai berkurang. Teh alami tanpa bahan pengawet memiliki waktu terbaik dikonsumsi sekitar 6-8 jam setelah diseduh. Lebih daripada itu teh bakal keruh dan aroma pun memudar.

5. Bahan campuran teh

Jika ingin mencampur teh dengan bahan lain, pilihlah bahan yang terbaik. Pilih gula tebu ketimbang pemanis buatan. Pemanis buatan dapat merusak rasa teh.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia