Menikmati minuman Herbal menjadi salah satu cara terbaik untuk bantu meredakan flu sekaligus menenangkan.Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat mengalami flu, badan terasa serba tak enak karena hidung tersumbat, disertai sakit kepala dan tenggorokan, kadang pula diikuti demam. Menikmati minuman hangat menjadi salah satu cara terbaik untuk bantu meredakan flu sekaligus menenangkan. Berikut minuman herbal untuk flu.

Minuman herbal sebagai obat rumahan telah membantu penderita flu merasa lebih baik. Pertama-tama, air hangat dapat menenangkan tenggorokan dan memecah sumbatan.

Jika Anda menambahkan beberapa tetes madu lokal, Anda memiliki penekan batuk alami. Atau, peras lemon dan dapatkan tambahan vitamin C, yang dapat mengurangi flu Anda.

Namun, terlepas dari minuman herbal untuk flu, ahli gizi Jaclyn London mengatakan salah satu yang penting dari mengonsumsinya adalah membuat diri tetap terhidrasi.

Ketika Anda sakit, makan buah dan sayuran yang banyak mengandung air dan minum banyak cairan – setidaknya 10 cangkir minuman tanpa pemanis per hari, termasuk teh,” kata London, seperti dikutip Good House Keeping.

Berikut lima minuman herbal untuk flu.

1. Peppermint
Hanya beberapa teguk teh peppermint bisa mulai membuat Anda merasa lebih baik. Mentol dalam daun peppermint dapat memiliki sedikit efek anestesi (menghilangkan rasa sakit) pada tenggorokan Anda, menekan batuk Anda.

Manfaat tersebut yang kemudian membuat peppermint muncul dalam banyak obat batuk.

2. Chamomile atau kamomil
Bunga kering chamomile telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu menenangkan dan tidur nyenyak berkat flavonoid dari tanaman yang memiliki efek penenang.

Tidur nyenyak menjadi bagian penting dari proses pemulihan flu sehingga chamomile adalah pilihan yang baik.

Ada juga beberapa bukti bahwa teh bertindak sebagai anti-inflamasi.

3. Teh hijau
Menurut laporan Healthline, teh hijau sangat populer di seluruh dunia karena banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Tinjauan literatur medis tentang teh hijau menunjukkan kandungan antioksidannya yang tinggi. Aktivitas antioksidan ini membantu mendukung tubuh Anda saat diserang oleh infeksi yang mengganggu, seperti flu.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa teh hijau memberikan dukungan kekebalan dan membantu mendorong metabolisme yang sehat juga.

Oleh karena itu, teh hijau cukup baik menjadi minuman herbal untuk flu.

4. Jahe
Jahe sebagai minuman herbal untuk flu memberi efek menenangkan bagi tenggorokan karena bahan bioaktif di dalamnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan juga dapat menghambat mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.

Dan jika flu Anda disertai dengan sakit perut, jahe juga dikenal dapat meredakan mual.

5. Lemon
Kekuatan lemon melawan flu berasal dari kandungannya yang kaya vitamin C. Anda dapat memerasnya ke dalam campuran herbal favorit Anda jika Anda mau, tetapi Anda juga bisa memeras setengah lemon ke dalam air panas.

Air lemon sangat asam, jadi demi rasa terbaik, Anda mungkin ingin menambahkan beberapa tetes madu favorit.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia