Parade armada tempur udara ikut meramaikan puncak peringatan HUT ke-76 TNI di Jakarta. (Arsip TNI Angkatan Udara)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memamerkan kekuatan armada udara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76, Senin (5/10).
Enam belas pesawat tempur beratraksi di langit Istana Merdeka, disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Demonstrasi udara dimulai pukul 08.34 WIB. Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja membawa bendera Merah Putih dari arah timur Monumen Nasional. Pesawat itu didampingi 3 Helikopter AH-64 E Apache Skadron-11/Serbu TNI AD.

Rombongan itu disusul Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja yang membawa bendera Trimatra TNI. Tiga Helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II TNI A ikut dalam rombongan itu.

Pada pukul 08.37 WIB, giliran jet tempur beraksi di depan Jokowi. Enam pesawat tempur T-50i Golden Eagle dengan kode Golden Flight terbang dari arah Utara Istana Merdeka. Kemudian, Falcon Flight yang terdiri dari 6 pesawat tempur T-50i Golden Eagle menyusul dari arah yang sama.

Atraksi ditutup dengan aksi 4 jet tempur Sukhoi SU-27/30p yang dikenal dengan Bajra Flight. Jet-jet tempur melinatas di atas istana dengan formasi Arrow Head. Mereka mendemonstrasikan posisi menyerbu dengan manuver bomb burst.

Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI ditutup dengan dialog Jokowi bersama prajurit TNI di sejumlah lokasi. Setelah itu, ia berjalan berkeliling Jalan Medan Merdeka Barat untuk meninjau alat utama sistem senjata (alutsista) TNI yang diparkir di sekitar Monas, Jakarta Pusat.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia