Foto: Getty Images/iStockphoto/Koldunov

Penulis novel Valiant Budi Yogi alias Vabyo sempat mengalami stroke di usia relatif muda yakni 35 tahun. Ia mengisahkan, beberapa saat sebelum mengalami serangan mata sebelah kirinya susah berkedip.
Beberapa sumber menyebut, serangan stroke memang memicu sejumlah gangguan yang tampak pada wajah. Termasuk di antaranya lumpuh sebelah wajah, dan mulut perot atau melenceng ke satu sisi.

Namun soal mata yang sudah berkedip, dokter bedah saraf dari RS Mayapada dr Roslan Yuni Hasan, SpBS memastikan tidak ada hubungannya dengan stroke. Menurutnya, mata yang tidak bisa berkedip lebih erat kaitannya dengan gangguan saraf yang disebut Bell’s Palsy.

“Itu hampir, udah pasti bahwa itu bukan dari otaknya sih, itu adalah saraf nomor 7 yang kena,” jelas dr Ryu, sapaannya, baru-baru ini.

Mirip seperti stroke, Bell’s Palsy juga bisa memicu gangguan pada wajah. Umumnya, satu sisi wajah jadi sulit digerakkan.

“Siul susah, kedip juga susah, dan telinga yang satu sisi dengan mata yang susah kedip ada gerebek-gerebek itu tidak ada hubungannya dengan stroke,” jelas dr Ryu.

“Bahwa itu penyakit saraf, betul. Bell’s palsy itu penyakit saraf, tetapi tidak ada hubungannya dengan stroke, dan itu bukan stroke,” tandasnya.

Editor : Aron
Sumber : detikhealth