Cara mengecilkan perut dalam satu minggu. Foto: iStock

Sering merasa kurang percaya diri karena perut yang buncit? Jangan khawatir, ada cara alami mengecilkan perut hanya dalam waktu singkat.

Cara mengecilkan perut yang alami tidak harus diet secara berlebihan. Kamu hanya perlu mengubah kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan perut rata hanya dalam tujuh hari.

Tidak hanya membuat penampilan lebih menarik, mengecilkan perut secara alami tentu meningkatkan kesehatan. Dilansir dari Healthline, lemak perut termasuk salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit berbahaya.

Penelitian menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dan penyakit jantung memiliki hubungan kuat dengan lemak perut. Untuk itu, kehilangan lemak tersebut bisa memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan hidupmu.

Coba ukur lingkar perut sekarang dengan pita pengukur. Jika ukuran perut wanita di atas 38 inci (88 cm) dan pria lebih dari 40 inci (102 cm) maka termasuk obesitas. Ada baiknya mulai mengecilkan perut dari sekarang.

Strategi penurunan berat badan tertentu bisa membuat lemak di area perut berkurang lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya. Yuk ikuti langkah-langkah mengecilkan perut yang bisa membantumu tampak lebih langsing hanya dalam satu minggu.

 

Berikut cara mengecilkan perut:

 

1. Hindari Makanan dan Minuman yang Ditambah Gula

Berdasarkan science, makanan dengan tambahan gula buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis.

Gula mengandung setengah glukosa dan fruktosa. Saat mengonsumsi banyak gula tambahan maka hati akan lebihan fruktosa sehingga dipaksa mengubahnya menjadi lemak.

Studi menunjukkan bahwa gula tambahan memiliki efek berbahaya pada kesehatan metabolisme. Sejumlah penelitian telah menunjukkan pengaruh gula, fruktosa yang besar bisa menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan hati.

Peningkatan lemak perut dan hati dapat menyebabkan resistensi insulin dan berbagai masalah kesehatan lain. Untuk itu, tak disarankan mengonsumsi gula jika ingin mengecilkan perut dalam waktu singkat.

Gula cair juga semakin buruk. Ketika mengonsumsi minuman manis maka akhirnya akan makan lebih banyak. Oleh sebab itu, coba mengurangi gula dalam diet kali ini.

Pertimbangkan tidak mengonsumsi minuman manis, termasuk soda, jus buah dengan gula tambahan, serta berbagai minuman olahraga. Ganti makanan dan minuman manis dengan mengonsumsi buah utuh yang sehat dan memiliki banyak serat.

 

2. Cara Mengecilkan Perut: Makan Banyak Protein

Penelitian menunjukkan bahwa protein bisa membuatmu lebih mudah dalam mengendalikan rasa lapar hingga 60%. Tidak hanya itu, protein juga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan membuatmu makan 441 kalori lebih sedikit.

Protein tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan tapi juga menghindari kenaikan yang drastis. Bahkan dianggap sangat efektif untuk mengurangi lemak perut.

Sebuah studi menunjukkan kalau protein dikaitkan dengan peluang penurunan lemak perut yang signifikan selama 5 tahun pada wanita. Cobalah mulai meningkatkan asupan makanan berprotein tinggi seperti telur utuh, ikan, kacang-kacangan, daging, dan produk susu.

Ingat, cara mengecilkan perut dengan konsumsi lebih banyak protein dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar, dan sangat efektif dalam mengurangi lemak perut.

 

3. Diet rendah karbohidrat

Makan lebih sedikit karbohidrat menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Hal ini didukung oleh banyak penelitian. Ketika orang mengurangi karbohidrat maka nafsu makan dan berat badan bisa turun.

Lebih dari 20 penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat mampu mengurangi berat badan 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan diet rendah lemak. Bahkan dianggap tetap efektif meski makan banyak dibandingkan mereka yang menganut diet rendak lemak dan dibatasi kalorinya.

Diet rendah karbohidrat menyebabkan pengurangan berat badan secara cepat. Perbedaannya bahkan bisa terlihat hanya dalam satu sampai dua hari saja.

Studi juga membandingkan diet rendah karbohidrat akan membantu mengurangi lemak di perut dan sekitar hati. Ini berarti bisa membantu mengecilkan perut dalam waktu singkat.

Karbohidrat apa saja yang perlu dihindari? Gula, permen, roti putih, mungkin sudah cukup terutama jika menjaga asupan protein tetap tinggi.

Jika memang ingin mengecilkan perut dalam waktu cepat, beberapa orang mengurangi asupan karbohidrat hingga 50 gram per hari.

 

4. Cara Mengecilkan Perut: Konsumsi Makanan Kaya akan Serat

Makanan berserat menjadi salah satu cara mengecilkan perut. Serat sangat efektif untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya.

Cara terbaik mendapatkan lebih banyak serat dengan mengonsumsi makanan nabati, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kacang-kacangan, sereal, dan gandum utuh juga menjadi serat yang baik.

Minum air putih juga bisa mengecilkan perut.

Editor: NUL

Sumber: detikhealth