Salmon banyak disebut sebagai ikan kaya lemak dan menyehatkan. Bahan pangan satu ini pun fleksibel untuk beragam olahan. Namun salmon cenderung mengintimidasi siapapun yang belum lama terjun ke dapur.
Bagaimana tidak? Kalau gagal, rasanya rugi bandar mengingat harga salmon tidak murah. Tak perlu berkecil hati sebab ada beberapa cara memasak salmon yang tepat dan dijamin jauh dari kata gagal.

Berikut lima cara memasak salmon anti gagal.

1. Panggang
Umumnya salmon dianggap perlu waktu lebih lama di oven. Orang tidak ingin salmon kurang matang. Namun di sisi lain, terlalu lama dipanaskan membuat bagian luarnya gosong.

Menurut Delish, Anda perlu memanfaatkan aluminium foil. Gunakan untuk melapisi baking tray, baru oleskan dengan minyak.

Letakkan salmon fillet dengan perasan lemon, taburan garam laut dan lada. Panaskan (pre-heat) oven dengan suhu 180 derajat Celcius baru panggang salmon selama 15-20 menit.
PauseUnmute

2. Goreng di wajan anti lengket
Cara ini paling umum digunakan untuk mengolah salmon fillet. Satu hal terpenting yang harus disiapkan adalah wajan anti lengket (non-stick pan) dan masih dalam kondisi baik.

Dengan ini salmon tidak akan lengket karena pengolahan hanya menggunakan sedikit sekali minyak.

Mulai panaskan wajan di api sedang, lalu letakkan salmon dengan bagian kulit menempel pada wajan. Biarkan hingga bagian kulit jadi agak garing, biasanya 3-5 menit. Balik ikan dan masak dengan waktu yang sama.

3. Panggang-goreng
Sulit memutuskan mau salmon panggang atau goreng? Lakukan saja keduanya.

Sebagaimana dilansir All Recipes, mulai dengan memanaskan salmon di wajan anti lengket. Goreng selama 3 menit dengan bagian kulit menempel pada wajan dengan minyak zaitun atau butter. Kemudian pindahkan pada oven bersuhu 140 derajat Celcius dan panggang selama 20 menit.

Setelah itu, kembalikan ke wajan untuk memaksimalkan kerenyahan. Naikkan panas kompor dan goreng selama 3 menit sampai bagian kulit lebih garing.

4. Bakar
Pilihan cara mengolah satu ini mungkin jarang dipilih. Salmon dianggap terlalu berharga untuk dibakar di atas arang. Namun tidak ada salahnya dicoba untuk memberikan rasa dan aroma ‘smokey’.

Saat arang sudah jadi bara api, letakkan salmon yang sudah dilumuri minyak atau butter pada tatakan atau wadah pembakaran. Setelah 5 menit, balik ikan. Jika ikan masih menempel pada tatakan, biarkan selama 1-2 menit lalu coba balik lagi. Bakar bagian lainnya selama 5 menit.

5. Poaching
Metode poaching kerap digunakan untuk mengolah telur. Padahal salmon pun bisa diolah dengan poaching untuk sajian bebas minyak tambahan.

Pada dasarnya, metode poaching untuk salmon cukup memerlukan air atau kaldu ayam dengan tambahan garam, merica dan daun salam.

Saat air mendidih masukkan salmon dan masak selama 25 menit.

 

 

editor : will
sumber : cnn