Konsumsi makanan berat sebelum tidur dikaitkan dengan sejumlah kondisi yang tidak baik untuk kesehatan. Namun, jika lapar saat malam hari, Anda bisa menyiasatinya dengan konsumsi makanan ringan yang sehat.

Sejumlah studi menemukan manfaat ngemil sebelum tidur. Mulai dari membuat tidur makin nyenyak hingga meningkatkan metabolisme.

Berikut manfaat ngemil sebelum tidur.

1. Meningkatkan sintesis otot di malam hari

Konsumsi makanan ringan sebelum tidur dapat membantu proses pembentukan otot dengan maksimal. Studi yang dipublikasikan di Nutrients menemukan bahwa makan camilan sebelum tidur membantu pria mensintesis otot.

Studi tersebut mendapati untuk mendapatkan hasil yang yang maksimal konsumsi camilan maksimal 150 kalori.

Studi lain mendapati konsumsi 40 gram protein sebelum tidur baik untuk otot.

2. Meningkatkan metabolisme di pagi hari

Dikutip dari Live Strong, studi menunjukkan konsumsi camilan di malam hari saat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan metabolisme di pagi hari. Saat mengonsumsi sarapan, metabolisme tubuh pun akan lebih maksimal.

Metabolisme merupakan proses tubuh mengolah makanan menjadi energi. Metabolisme yang baik dikaitkan dengan pengurangan berat badan.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Konsumsi camilan sehat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Makanan-makanan ini umumnya mengandung melatonin dan memiliki sifat menenangkan sehingga dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Makanan yang mengandung melatonin banyak terdapat pada kacang-kacangan dan gandum.

Itulah manfaat ngemil sebelum tidur menurut studi yang ada.

Editor: NUL

Sumber: cnnindonesia