Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Labu siam bagus dikonsumsi rutin karena mengandung antioksidan ampuh. Berikut 7 manfaat labu siam untuk kesehatan, salah satunya menyehatkan jantung!

Labu siam atau chayote squash adalah sayuran yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Berasal dari Meksiko, labu siam kini banyak tumbuh di seluruh dunia. Nama lainnya labu mirliton atau chocho.

Di Indonesia, labu siam gampang ditemui. Harganya juga termasuk murah. Labu siam banyak diolah sebagai tumisan, dijadikan isian sayur asem, sayur lodeh, hingga direbus dan dijadikan lalapan.

Teksturnya empuk juicy dengan rasa yang netral. Karakter ini membuat labu siam cocok diolah menjadi beragam hidangan.

Di balik rasanya yang enak, konsumsi labu siam juga bermanfaat untuk kesehatan. Labu siam mengandung beragam nutrisi dan senyawa antioksidan ampuh.

Berikut 7 manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Kaya nutrisi

Labu siam kaya nutrisi dengan kandungan beragam vitamin, mineral, dan serat. Dalam tiap satu buah labu siam (203 gram) mengandung 39 kkal, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, dan 4 gram serat.

Labu siam juga kaya vitamin C, B9 (folat), K, B6, mineral mangan, zinc, hingga magnesium. Dengan profil nutrisi ini, labu siam juga banyak dipilih sebagai menu harian oleh para pelaku diet.

2. Mengandung antioksidan ampuh

Manfaat labu siam didapat dari antioksidan ampuh yang terkandung di dalamnya. Antioksidan bisa mencegah kerusakan sel, mengurangi inflamasi, dan bahkan menurunkan stress.

Labu siam mengandung antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Jumlah paling banyak adalah myricetin yang disebut peneliti bersifat antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi. Labu siam juga sumber vitamin C sangat baik, yang juga bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

3. Menyehatkan jantung

Rutin makan labu siam bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebab berbagai faktor risiko penyakit jantung bisa dicegah oleh senyawa-senyawa dalam labu siam.

Antioksidan myricetin, misalnya, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat seperti dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada binatang. Kemudian serat yang tinggi pada labu siam memiliki peran menurunkan tekanan darah.

4. Jaga kadar gula darah sehat

Manfaat labu siam ini juga bisa dirasakan oleh mereka yang berisiko diabetes. Pasalnya serat dan senyawa tumbuhan pada labu siam berkontribusi dalam menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Serat labu siam adalah jenis serat larut yang dapat memperlambat sistem pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Dua hal ini mampu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

5. Memiliki efek antikanker

Asupan banyak buah dan sayur, termasuk dari labu siam, dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker.

Studi tabung reaksi menunjukkan beberapa senyawa labu siam dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia. Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengungkap sejauh mana efek antikanker labu siam.

6. Cegah penuaan dini

Manfaat labu siam ini berhubungan dengan penuaan dini. Labu siam mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C, yang berkaitan dengan pencegahan penuaan dini. Sekaligus membuat kulit tampak awet muda.

Kehadiran antioksidan pada labu siam bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Satu lagi manfaat labu siam yang bisa kamu dapat dari rajin mengonsumsinya. Labu siam mengandung flavonoid dan serat yang berfungsi menyehatkan sistem pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya flavonoid membantu enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan.

Terlebih lagi, asupan makanan tinggi serat seperti labu siam dapat menciptakan fungsi usus yang sehat dan memelihara bakteri baik dalam usus.

Editor : Aron
Sumber : detikfood