Ilustrasi tes cpns. F.Ist

Sebanyak 2.612 pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K), dinyatakan gugur dalam tahapan seleksi administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Hasnah menjelaskan untuk penerimaan pada tahun 2021 ini, total pendaftar sebanyak 11.656 orang.

Pendaftaran untuk seleksi CPNS dan tenaga P3K Guru dan non Guru sendiri, diakuinya sudah dilakukan dalam rentang waktu satu bulan, dimulai dari 14 Juni dan berakhir 26 Juli lalu.

“Namun yang melakukan submit data ke sistem hanya 11.025 orang, dengan rincian CPNS 7.983 orang dan tenaga P3K non guru sebanyak 324 orang, dan P3K untuk guru sebanyak 2.718 orang,” jelas Hasnah saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (3/8/2021).

Dengan rincian pendaftar CPNS, 5.610 dianggap memenuhi syarat administrasi, dan 2.373 pelamar tidak memenuhi syarat atau tidak lolos seleksi, sehingga tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Sementara, untuk total pendaftar PPPK non guru sebanyak 324 orang, dengan rincian 85 memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat 239 pendaftar.

Kemudian untuk tenaga PPPK guru jumlah yang mendaftar sebanyak 2.718 orang, dan dinyatakan lulus tahapan administrasi.

“Kendati demikian ribuan pelamar yang tidak memenuhi syarat ini masih bisa mengajukan sanggahan,” paparnya.

Mengenai pengajuan sanggahan, dapat dilaksanakan oleh para pendaftar melalui aplikasi sscasn https://sscasn.bkn.go.id sejak tanggal 4 Agustus sampai 6 Agustus 2021.

Kemudian Pemko Batam bisa memberikan tanggapan sanggah dan melakukan verifikasi kembali sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan.

“Jadi kalau keberatan dengan hasil seleksi, pendaftar masih ada kesempatan untuk menyanggah hasil seleksi,” ujarnya.

Hasnah menjelaskan dari semua formasi yang dibuka tahun ini, masih ada 16 formasi yang tidak ada pelamar.

Formasi kosong tersebut adalah 10 tenaga kesehatan, dan 6 formasi untuk tenaga arsiparis.

“Meskipun sudah diperpanjang waktu pendaftaran untuk formasi ini masih kosong sampai pendaftaran resmi ditutup,” jelasnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan penerimaan pegawai pemerintahan ini diharapkan bisa mengisi kekurangan yang ada saat ini.

Batam lanjutnya, masih kekurangan banyak tenaga guru, tenaga kesehatan, dan beberapa formasi lainnya.

“Sudah ditutup kan, tinggal tahap selanjutnya. Bagi mereka yang lolos seleksi persiapan diri untuk mengikuti tes,” imbuhnya.

Editor: WIL