Esteban Ocon keluar sebagai pemenang F1 GP Hungaria 2021 di Sirkuit Hungaroring, Minggu (1/8). Namun, Lewis Hamilton berhasil kuasai puncak klasemen.

Ocon sukses memanfaatkan situasi red flag setelah terjadi kecelakaan pada tikungan pertama lap pertama yang melibatkan beberapa pembalap.

Mobil yang dikendarai Valtteri Bottas menabrak mobil Lando Norris. Kejadian tersebut memicu tabrakan beruntun, Lance Stroll menyenggol mobil Charles Leclerc. Keempat pembalap tersebut tak bisa melanjutkan balapan.

Mobil Max Verstappen juga tak terhindar dari benturan. Begitu juga mobil Sergio Perez dan Daniel Ricciardo.

Safety car sempat masuk sebelum bendera merah berkibar. Bottas, Perez, Stroll, dan Leclerc tak bisa melanjutkan balapan. Sementara Hamilton mampu menghindari kecelakaan.

Sayang, Hamilton salah membaca medan dan harus masuk pit stop untuk melakukan pergantian ban. Pembalap asal Inggris tersebut harus berjuang untuk kembali ke posisi terdepan dan harus puas finis ketiga.

Sementara Ocon berhasil memanfaatkan situasi lewat penampilan konsisten di sepanjang balapan. Ia sukses menjadi yang tercepat dengan catatan 2 jam 4 menit 43,199 detik, mengungguli Sebastian Vettel yang berada di belakangnya.

Adapun, Max Verstappen hanya bisa finis di posisi ke-10 setelah sempat mengalami benturan pada insiden tabrakan beruntun di lap pertama.

Hasil ini membuat Verstappen harus merelakan puncak klasemen jatuh ke tangan Hamilton yang mengemas 192 poin. Sementara Verstappen menempati posisi kedua dengan 186 angka.

Editor: Nul