Ilustrasi tes usap antigen. (AP/Manish Swarup)

Sejumlah remaja yang tengah asik bermain game online di Warnet Cipta Puri, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (28/7/2021) dikagetkan dengan kedatangan petugas Gugus Tugas Covid-19 Puskesmas Tiban Baru.

Para remaja yang sebelumnya fokus dalam permainan mereka, seketika terhenti saat petugas TNI-Polri masuk dan meminta agar para remaja tersebut menjalani antigen test terlebih dahulu sebelum diminta meninggalkan lokasi warnet.

“Hentikan dulu semua aktifitasnya. Kalian yang ada disini kami antigen dulu,” ujar petugas Kepolisian dengan menggunakan pengeras suara.

Pantauan di lokasi, beberapa remaja bahkan terlihat panik mencari kembali masker yang sebelumnya mereka lepaskan saat bermain game online.

Adapun kedatangan petugas ke lokasi warnet ini, merupakan bagian pelaksanaan Antigen masal hari ketiga yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Puskesmas Tiban Baru, dan berkonsentrasi di kawasan Pasar, Komplek Pertokoan, dan Perumahan Cipta Puri.

Sementara itu, petugas yang didampingi oleh TNI-POLRI ini, juga memberikan peringatan pertama kepada warnet yang mereka datangi.

Adapun peringatan ini, dikarenakan kelalaian pengelola warnet karena membiarkan kerumunan di saat PPKM Level 4 tengah berlangsung.

Bahkan beberapa remaja yang datang dan bermain di dalam warnet juga ditemukan tidak menggunakan masker.

“Ini peringatan pertama dulu ya. Karena kamu membiarkan mereka bermain tanpa menggunakan masker, dan tidak ada jarak sama sekali disini. Sementara ini ruangan tertutup,” ujar salah satu petugas.

Setelah diberikan peringatan, petugas juga terlihat memberikan masker dan edukasi terhadap para remaja yang tidak membawa masker, sebelum meminta mereka meninggalkan lokasi warnet.

Dalam operasi tersebut para petugas Satgas Covid-19 Puskesmas Tiban Baru, juga terpaksa mendatangi berbagai lokasi keramaian di Komplek Pertokoan Cipta Puri.

Dikarenakan banyak masyarakat enggan untuk mendatangi posko yang disediakan tepat di depan pintu tiga Pasar Basah Cipta Puri.

Tidak hanya di Komplek Pertokoan, bahkan para petugas juga terlihat beberapa kali harus membujuk para pedagang di dalam pasar untuk melakukan antigen test terlebih dahulu.

Hingga saat ini, para petugas juga terlihat masih berkeliling di sekitar Cipta Puri, dimana petugas membagi dua tim yang fokus untuk antigen masal di Komplek Pertokoan dan Pasar, sementara satu tim lainnya fokus untuk kawasan Perumahan.

Editor: WIL