Italia akan bentrok melawan Spanyol di babak semifinal Euro 2020 (Euro 2021), Rabu (7/7) dini hari WIB. Berikut 3 duel kunci Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020.

Pertandingan semifinal pertama Euro 2020 akan mempertemukan dua tim unggulan: Italia dan Spanyol di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Rabu (7/7) dini hari WIB. Secara penampilan Italia telah menunjukkan penampilan yang mengesankan dan menghibur sejak fase grup.

Sementara Spanyol sempat mengalami kesulitan di awal turnamen, namun kini telah menunjukkan grafik permainan yang semakin meningkat di fase gugur.

Dalam perjalanannya, Italia sukses menyapu bersih tiga laga Grup A dengan kemenangan atas Turki, Swiss, dan Wales.

Dalam tiga laga fase grup tersebut, tim Azzurri sukses mencetak tujuh gol dan selalu mencatatkan clean sheet.

Sementara Spanyol sempat tersendat di awal turnamen dengan dua kali meraih hasil imbang melawan Swedia dan Polandia di dua laga awal Grup E.

Tetapi pada laga terakhir Spanyol tampil menggebrak dengan membantai Slovakia dengan skor 5-0.

Soccer Football - Euro 2020 - Quarter Final - Belgium v Italy - Football Arena Munich, Munich, Germany - July 2, 2021 Belgium's Romelu Lukaku looks dejected as Italy players celebrate Pool via REUTERS/Matthias HangstSelebrasi pemain Italia usai mengalahkan Belgia di perempat final Euro 2020. (REUTERS/MATTHIAS HANGST)

Di babak 16 besar Italia sukses menyingkirkan Austria dengan kemenangan 2-1. Sedangkan Spanyol berhasil mengalahkan Kroasia 5-3 lewat babak tambahan.

Lalu di babak perempat final, Italia menunjukkan keperkasaannya dengan mengalahkan tim peringkat satu dunia Belgia dengan skor 2-1. Sementara La Furia Roja harus melalui babak penalti untuk bisa menundukkan Swiss 3-1 (1-1).

Pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol pun diyakini bakal berlangsung sengit karena kedua tim memiliki pemain yang berkualitas.

Berikut 3 duel kunci Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020:

Sergio Busquets menjadi pengatur serangan timnas Spanyol. F.AFP/Javier Soriano

1. Chiellini & Bonucci vs Morata

Duet bek veteran timnas Italia Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci bakal berjibaku dengan ujung tombak timnas Spanyol Alvaro Morata di lini pertahanan tim Azzurri dalam pertandingan semifinal Euro 2020 (Euro 2021). Duel ini akan menjadi pemandangan menarik di laga nanti.

Meski kedua bek timnas Italia ini sudah mendekati veteran, namun keduanya masih menunjukkan penampilan yang tangguh di lini pertahanan tim Azzurri.

Duet Chiellini (36 tahun) dan Bonucci (34 tahun) sebelumnya juga telah berhasil menyulitkan pergerakan striker timnas Belgia Romelu Lukaku di laga perempat final Euro 2020, yang membuat penyerang Inter Milan itu hanya bisa mencetak satu gol lewat titik penalti pada menit ke-45+2.

Tapi kini kedua bek veteran itu harus mengantisipasi permainan penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata yang bakal menghadirkan tantangan yang berbeda.

Morata tentu sudah sangat mengenal karakter dua bek tengah Italia tersebut karena sama-sama memperkuat Juventus di Liga Italia.

Sedikit banyak Morata tahu kelemahan dari dua bek veteran tersebut. Meski begitu juga sebaliknya, kedua bek veteran Italia ini juga tahu bagaimana mematikan pergerakan Morata.

2. Jorginho vs Sergio Busquets

Pertarungan sengit juga akan tersaji di lini tengah permainan dengan mempertemukan dua pemain yang berperan sebagai otak permainan kedua tim yaitu Jorginho vs Sergio Busquets.

Gelandang timnas Italia Jorginho telah dijuluki Il Professore oleh rekan setimnya karena kecerdasan dalam mengkreasikan serangan tim Azzurri di Euro 2020.

Soccer Football - Euro 2020 - Quarter Final - Belgium v Italy - Football Arena Munich, Munich, Germany - July 2, 2021 Italy's Jorginho in action with Belgium's Kevin De Bruyne Pool via REUTERS/Stuart FranklinJorginho menjadi otak serangan timnas Italia di Euro 2020. (REUTERS/STUART FRANKLIN)

Jorginho telah membuktikan dirinya menjadi nyawa di lini tengah permainan Italia sama seperti peran Sergio Busquets di timnas Spanyol.

Busquets juga dikenal memiliki kejeniusan dalam meramu serangan dan mengatur tempo permainan. Kehadirannya kembali ke timnas Spanyol pada laga ketiga fase grup telah terbukti memberikan perubahan besar pada permainan timnas Spanyol yang sempat kesulitan di dua laga awal Euro 2020.

3. Immobile vs Laporte

Duel sengit lainnya akan terjadi di lini pertahanan Spanyol dengan menghadirkan duel penyerang timnas Italia Ciro Immobile dengan bek La Furia Roja Aymeric Laporte.

Sejauh ini Ciro Immobile telah dipercaya oleh Roberto Mancini tampil dalam empat pertandingan dengan selalu menjadi starter.

Penyerang Lazio ini juga telah memberikan kontribusi besar untuk timnas Italia di Euro 2020 dengan menyumbangkan dua gol dan satu assist.

Sementara Aymeric Laporte juga telah menunjukkan menjadi pilar utama di lini belakang timnas Spanyol dengan selalu menjadi starter dalam lima pertandingan dan tidak pernah tergantikan selama 510 menit permainan.

Bek Manchester City itu juga telah menyumbangkan satu gol saat timnas Spanyol mengalahkan Slovakia di fase grup.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia