Satgas COVID-19 Tanjungpinang menggelar rapid antigen secara massal. Sasarannya di tempat warung kopi serta tempat hiburan malam (THM) pada saat pemantauan pemberlakuan jam operasional bagi rumah makan, restoran dan warung kopi, Senin (28/6/2021) malam.

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma bersama Wakil Walikota Endang Abdullah, Kapolres, Danlanud serta anggota TNI Polri beserta tim gugus tugas penanganan COVID-19, Satpol PP, BPBD, tim medis lengkap dengan ambulan dan rapid antigen melakukan razia serentak pada seluruh wilayah di Kota Tanjungpinang.

Hasilnya, didapati enam orang pengunjung dinyatakan positif COVID-19. Pada saat melakukan peninjauan di pujasera kawasan Ganet terpantau masih buka walaupun sudah tidak ada pengunjung pada pukul 22.00, tetapi masih terlihat pihak pengelola tidak memenuhi standar protokol kesehatan.

Jumlah meja kursi yang dipasang penuh, dan tidak berjarak. Untuk itu tim gabungan melakukan penindakan dengan mengangkut kursi untuk dibawa ke kantor Satpol PP. Hal ini di karenakan telah tiga kali pujasera tersebut melanggar sanksi tertulis dalam pemantauan jam operasional sebelumnya.

Rahma menerangkan bahwa bagi pemilik ataupun pelaku usaha yang kursinya diangkut Satpol PP dipersilahkan mengambilnya kembali ke Kantor Satpol PP dengan membuat surat pernyataan. Karena sudah tiga kali kena teguran namun hingga saat ini tidak juga dipatuhi.

“Bagi pemilik dan pelaku usaha yang ingin mengambil kembali kursinya harus membuat pernyataan dan datang ke kantor Satpol PP. Tim kami sudah tiga kali memberikan teguran tertulis kepada pemilik usaha, dan sampai hari ini belum juga dipatuhi,” jelas Rahma.

Setelah itu tim gabungan melanjutkan pemantauan ke tempat makan maupun tempat hiburan malam di kawasan Km 9 yang masih buka lewat dari pukul 22.00 Wib, dan melakukan test rapid antigen kepada pengunjung yang masih berada di tempat makan maupun di tempat-tempat yang dirazia.

Disini, ditemukan satu orang positif COVID-19 dan langsung dibawa ke RSUD Tanjungpinang untuk dilakukan swab PCR.

“Dari hasil rapid antigen langsung di lapangan, terdapat satu orang dengan hasil positif COVID-19, yang bersangkutan langsung dibawa ke RSUD Kota Tanjungpinang untuk di-swab PCR. Ini menandakan, orang tanpa gejala (OTG) ada di sekitar kita,” lanjut Rahma.

Dari total 178 orang yang di tes rapid antigen, tiga orang dengan hasil positif di tempat biliar dan internet gaming, satu orang di komplek Bintan Plaza, dan satu orang lagi di tempat makan wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat.

“Totalnya, enam orang yang didapati positif COVID-19 dari hasil swab antigen pada razia malam ini.

Editor : Dwik