Buah dan sayur perlu dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak nutrisi. Di tengah pandemi Covid-19, coba rutin makan buah dan sayur ini untuk tingkatkan imunitas.

Mengonsumsi makanan sehat adalah kunci menghindarkan diri dari berbagai penyakit, termasuk serangan virus Corona. Ada beberapa jenis makanan yang ketika dikonsumsi rutin akan bantu meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan ini bersifat alami karena merupakan buah dan sayur segar. Nutrisinya yang tepat bisa membantu tubuh tetap kuat dari paparan berbagai bakteri dan virus yang kini makin merajalela.

Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya kamu mengonsumsi buah dan sayur yang bersifat meningkatkan imunitas ini secara rutin. Semuanya mudah didapat dan rasanya enak. Harganya juga tidak mahal.

Kemudian tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat karena hal ini juga penting agar kamu tidak terserang Covid-19. Praktik memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak masih tetap perlu dijalankan, bahkan diperketat, saat ini.

Inilah 7 buah dan sayur untuk tingkatkan imunitas:

1. Jeruk

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga ImunitasFoto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Buah citrus alias ragam jeruk seperti jeruk lokal, jeruk mandarin, lemon, hingga jeruk nipis bagus untuk meningkatkan imunitas. Hal ini lantaran buah citrus tinggi kandungan vitamin C.

Jenis vitamin ini juga mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci melawan infeksi. Untuk keperluannya, wanita dewasa butuh 75 mg vitamin C dan pria dewasa 90 mg setiap hari.

2. Bayam

Sayuran hijau ini punya banyak nutrisi. Harganya murah dan mengolahnya pun bisa dalam banyak cara. Selain tinggi vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten.

Dua nutrisi tersebut meningkatkan kemampuan dalam melawan infeksi pada sistem imun tubuh. Perlu diketahui, bayam paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

Meski begitu, pengolahan bayam yang sebentar membuatnya lebih mudah menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepas dari asam oksalat.

3. Pepaya

Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata PenelitiFoto: iStock

Buah untuk tingkatkan imunitas ini mudah dijumpai di Indonesia. Pepaya juga salah satu sumber vitamin C yang bagus. Makan satu pepaya ukuran sedang bahkan bisa mengasup dua kali kebutuhan vitamin C harian yang disarankan.

Kelebihan lainnya, pepaya mengandung enzim cerna bernama papain yang memiliki efek antiinflamasi. Pepaya juga mengandung potassium, magnesium, dan folat yang semuanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

4. Brokoli

Selain bayam, brokoli adalah sayuran hijau yang juga baik untuk meningkatkan imunitas. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan E. Juga kandungan serat dan antioksidan lainnya.

Brokoli sama seperti bayam, paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin. Penelitian membuktikan mengukus adalah teknik memasak brokoli terbaik untuk mempertahankan nutrisinya. Kalau kamu bisa mengonsumsi brokoli mentah, lebih baik lagi.

5. Kiwi

kiwiFoto: iStock

Mirip pepaya, kiwi adalah buah penambah imunitas yang mengandung banyak nutrisi penting seperti folat, potassium, vitamin K, dan vitamin C.

Kandungan vitamin C inilah yang punya peran penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi, sedangkan nutrisi kiwi lainnya bantu menjaga fungsi-fungsi tubuh lainnya tetap optimal.

6. Paprika merah

Paprika merah bukan hanya mempercantik tampilan makanan, melainkan juga meningkatkan imunitas tubuh. Paprika merah sangat tinggi kandungan vitamin C bahkan jumlahnya hampir 3 kali lipat dari vitamin C jeruk Florida untuk tiap 1 ons penyajiannya.

Paprika merah juga merupakan sumber beta karoten yang bagus. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, rutin konsumsi paprika merah juga bisa menyehatkan kulit. Lalu beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A, bantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

7. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Foto: iStock

Satu lagi buah yang bagus untuk tingkatkan imunitas. Ungkapan makan satu apel sehari bisa mencegah kamu berobat ke dokter, ternyata benar adanya. Apel adalah sumber serat dan gula alami yang bagus untuk tubuh.

Kulit apel juga mengandung quercetin, jenis pigmen tumbuhan flavonoid yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Pastikan kamu tetap memakan apel dengan kulitnya untuk mendapat manfaat sehat yang maksimal.

Editor : Aron
Sumber : detikfood