Kasus COVID-19 terus meningkat. Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh harus diperhatikan. Tujuh buah berikut cocok untuk menjaga imunitas di tengah pandemi.

Peningkatan kasus COVID-19 masih terus melonjak tajam setiap harinya. Walaupun sudah mendapatkan vaksin tetapi menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan imunitas masih menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Makan makanan bergizi, konsumsi suplemen vitamin serta istirahat yang cukup menjadi cara mudah untuk menjaga kekuatan imunitas di tengah pandemi. Salah satu makanan yang disarankan adalah buah-buahan yang tinggi vitamin C, A serta serat yang begitu direkomendasikan para ahli untuk menjaga kekuatan imunitas tubuh.

Tidak perlu buah-buahan impor yang mahal, banyak sekali buah lokal yang juga memiliki vitamun C, A dan serat yang sangat baik. Mulai dari jeruk manis dan jeruk nipis hingga pisang menjadi buah tinggi vitamin C hingga serat yang dikatakan ampuh untuk menjaga kekuatan imunitas.

Berikut ini 7 buah kaya vitamin yang disarankan ahli untuk menjaga kekuatan imunitas.

Mojito garnished with mint and limes.Foto: Istock

1. Jeruk Manis dan Nipis

Buah-buahan yang asam dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh termasuk kekebalan imunitas.

Terutama pada jeruk nipis yang bahkan mengandung vitamin C hampir setengah dari total buah keseluruhan. Vitamin C pada jeruk nipis diketahui ada sebesar 48% dari total 100 gram takaran saji jeruk nipis. Konsumsi jeruk secara rutin sangat baik untuk menjaga imunitas ditengah ancaman virus yang masih tinggi.

2. Tomat

Warna tomat yang merah terang juga menunjukkan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Tomat sangat mudah untuk dikonsumsi dan bisa diolah dalam berbagai hidangan. Tomat bisa saja dikonsumsi dalam keadaan segar maupun telah diolah dan dicampurkan dalam hidangan makanan.

Tidak hanya vitamin C, tomat juga mengandung vitamin A yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Agar imunitas menjadi lebih kuat dan tubuh kebal akan serangan virus, antioksidan ini sangat diperlukan tubuh.

3. Jambu Biji

manfaat jambu bijiFoto: iStock

Jambu biji dikenal sebagai buah yang memiliki kekuatan super serta manfaat kesehatan yang sangat baik. Kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi membuat jambu biji mempunyai manfaat untuk menstabilkan trombosit, menjaga imunitas serta berbagai manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh.

Jambu biji juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus yang akan menyegarkan. Tetapi sebaiknya jus jambu biji yang dikonsumsi merupakan jus alami yang dibuat sendiri di rumah sehingga tidak ditambahkan banyak bahan pemanis ataupun komposisi yang tidak penting lainnya.

4. Kacang Tanah dan Kacang Hijau

Kacang-kacangan punya kandungan serat yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh mikrobiota pada usus. Keberagaman mikrobiota akan membantu meningkatkan kualitas bakteri baik pada usus yang sangat memengaruhi imunitas.

Pada 100 gram kacang tanah bahkan diketahui memiliki kandungan serat sebesar 25 gram. Kacang tanah dan Kacang hijau menjadi jenis kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan. Keduanya juga cukup mudah untuk diolah.

5. Bayam

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanFoto: iStock

Bayam menjadi sayuran yang padat nutrisi dan mudah untuk diolah sehingga sangat memungkinkan untuk rutin dikonsumsi. Bayam diketahui mengandung vitamin A sebesar 60% dari total keseluruhan takaran saji sebesar 100 gram.

Bayam juga punya vitamin E yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh guna menjaga kekuatan imunitas. Konsumsi bahan dengan tambahan sayuran lainnya seperti tomat dan lain-lain akan sangat efektif untuk menjaga dan menguatkan imunitas.

6. Alpukat

Alpukat menjadi bahan makanan selanjutnya yang dikatakan sebagai superfood. Kepadatan nutrisinya membuat alpukat sangat dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh bahkan secara keseluruhan.

Dalam satu buah alpukat terkandung nutrisi seperti vitamin A, B-6, magnesium serta berbagai nutrisi lain yangmelengkapinya. Alpukat bisa dikonsumsi secara rutin, baik diolah menjadi jus maupun dicampurkan dengan bahan makanan lain seperti roti bakar atau campuran pada salad.

7. Pisang

Police found 7kg of cocaine stuffed inside 57 fake bananas in a shipment of real bananas that arrived from South America in the Mediterranean port of Valencia. — AFP picFoto: iStock

Pisang memiliki kepadatan nutrisi yang telah diketahui secara luas. Kandungan serat yang sangat tinggi pada pisang juga menjadi alasan mengapa pisang direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas.

Pisang memiliki kandungan serat, vitamin A, C serta beberapa mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kenormalan fungsinya. Konsumsi pisang secara rutin untuk menjaga imunitasjuga bisa dilakukan dengan cara mengganti camilan makanan tingan dengan pisang agar lebih sehat.

Editor : Aron
Sumber : detikfood