TNI Angkatan Udara (AU) akan menggelar latihan bersama (Latma) dengan angkatan udara bersenjata AS (USAF) di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau mulai pekan depan.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyebut, latihan bersama itu akan melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16. Latma akan dinamai dengan kode sandi “cope west 202”.

“Diagendakan latma ini akan dibuka secara resmi pada hari Senin mendatang,” kata Gilang dalam keterangannya, Rabu (9/6).

Gilang menjelaskan, latma Cope West 2021, merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16. Selain untuk menambah pengalaman, latihan digelar agar kedua angkatan udara saling berbagi wawasan.

“Latma Cope West 2021 juga menjadi ajang dalam meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara bersahabat ini, khususnya TNI AU dan USAF,” katanya.

Latma, lanjut Gilang, rencananya akan berlangsung selama dua pekan. Latihan akan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dan khusus bagi para personel dari USAF melaksanakan isolasi sebelum melaksanakan latihan.

“Direncanakan latma Cope West 2021 akan berlangsung selama dua minggu. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia