Di media sosial viral video mengecek kesehatan paru dengan menahan napas dalam jangka waktu tertentu. Dalam video yang diunggah di laman Twitter itu memperlihatkan jika bisa menahan napas hingga titik ke-10 berarti seseorang punya ‘paru-paru super’.

Video tersebut telah ditonton oleh 8,9 juta orang dan mendapat lebih dari 700 komentar. Beberapa mengaku bisa menahan napas sampai titik ke-7 tapi tak lama setelahnya pandangan menjadi buram.

“Berhasil sampai 9, abis itu badan lemes,” tulis salah satu pengguna Twitter.

Kebanyakan orang dapat menahan napas antara 30 detik hingga 2 menit. Dikutip dari Healthline, ini yang terjadi pada tubuh saat menahan napas.

30 detik awal:

Anda mungkin masih merasa rileks saat menutup mata dan bisa melakukannya dengan baik.

0:30 sampai 2:00:
Anda akan merasa sakit yang tidak nyaman di paru-paru. Kesalahpahaman paling umum tentang menahan napas adalah kehabisan udara, padahal yang terjadi adalah karbondioksida (CO₂) menumpuk di dalam darah karena tidak menghembuskan napas.

2:00 sampai 3:00
Perut Anda mulai mengejang dan berkontraksi dengan cepat. Ini karena diafragma mencoba memaksa untuk menarik napas.

3:00 sampai 5:00
Anda akan mulai merasa pusing. Saat CO₂ berkembang ke tingkat yang lebih tinggi, itu membuat oksigen mengalir ke dalam darah dan mengurangi jumlah oksigen yang mengalir ke otak.

5:00 sampai 6:00
Tubuh akan mulai bergetar saat otot Anda mulai berkontraksi secara tidak terkendali. Inilah saat menahan napas bisa menjadi berbahaya.

Lebih dari 6 menit
Anda akan pingsan. Otak akan sangat membutuhkan oksigen yang membuat tubuh tidak sadarkan diri sehingga mekanisme pernapasan otomatis Anda akan bekerja kembali.

Editor : Aron
Sumber : detikhealth