Kasus Corona di India melewati angka 18 juta pada Kamis (29/4/2021) dengan hampir 380 ribu kasus baru, menjadi negara dengan rekor kasus harian virus corona terbanyak di dunia.

Ledakan infeksi tersebut kerap dikaitkan dengan adanya varian baru serta adanya kegiatan keagamaan dan politik, membuat layanan rumah sakit kesulitan dengan terbatasnya tempat tidur, obat-obatan, dan oksigen.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, India melaporkan 379.257 kasus baru dalam semalam dan 3.645 kematian, menjadikan total kasus 18,38 juta jiwa dengan lebih dari 204 ribu pasien meninggal.

Angka tersebut adalah jumlah pasien terinfeksi dan meninggal terbanyak sepanjang sejarah pandemi COVID-19 di India.

Bulan ini saja, kasus Corona India sudah bertambah 6 juta.

Para ahli mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan gelombang kedua adalah dengan memvaksinasi pendudukya. Pada Rabu (28/4/2021), pendaftaran vaksin dibuka untuk mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Kepala penasihat ilmiah pemerintah K Vijay Raghavan mengatakan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Indian Express bahwa pemerintah bisa berbuat lebih banyak untuk mempersiapkan gelombang kedua.

“Ada upaya besar oleh pemerintah pusat dan negara bagian dalam meningkatkan infrastruktur rumah sakit dan perawatan kesehatan selama gelombang pertama … Tapi karena gelombang itu menurun, mungkin begitu juga perasaan terdesak,” katanya.

Editor : Aron
Sumber: detikhealth