Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (AU) Marsma TNI Indan Gilang mengkonfirmasi pesawat tempur asing jenis F-18 Hornet terbang di atas Perairan Natuna, Kepulauan Riau. TNI AU masih mendalami peristiwa tersebut.

Pesawat asing itu melintas pada Selasa (6/4) kemarin tepatnya pukul 16.15 WIB yang berjarak sekitar 169 mil di sebelah barat Kepulauan Natuna.

“Melintas di atas FPSO Kakap Natuna  yang dioperasikan perusahaan minyak Indonesia di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE),” kata Indan Gilang saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Rabu (7/4).

Meski demikian, Indan menuturkan bahwa pesawat itu tak melintas di wilayah teritori Indonesia melainkan di wilayah udara internasional.

“Pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia,” ujarnya.

Indan memastikan bahwa pesawat itu kerap digunakan tentara Amerika Serikat. Pihaknya menyatakan masih  mendalami lebih lanjut  terkait temuan tersebut.

“Saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait,” kata dia.

Pesawat tempur F-18 Hornet merupakan pesawat tempur supersonik yang dirancang untuk bertempur di udara dan menyerang sasaran di darat. Pesawat ini sejak lama digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pesawat jenis ini memiliki spesifikasi mesin kembar, sayap tengah, dan dapat terbang dengan lincah.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia