Presiden Jokowi lantik keanggotaan Kompolnas periode 2020-2025 di Istana Negara. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi hari ini, Kamis (25/2), akan melantik tiga gubernur terpilih dalam Pilkada Serentak 2020. Tiga gubernur itu yakni Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Kepulauan Riau dan Gubernur Bengkulu.
“Betul, (pelantikan gubernur) Sumbar, Kepri, Bengkulu,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi.
Mereka akan menjabat untuk periode 2021-2024 mendatang. Sedangkan pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.30 WIB.
Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu Hari Ini (1)
Plt. Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Foto: Dok. Kemendagri
Sebelumnya, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, mengatakan tiga kepala daerah terpilih dari Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Bengkulu akan dilantik oleh Jokowi pada Kamis pagi.
“Sumatera Barat, Kepri dan Bengkulu tolong di informasikan kepada calon gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk bergerak setelah ini bergerak ke Jakarta persiapan besok pelantikan,” kata Akmal.
Akmal meminta kepada calon gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk melakukan tes COVID-19 antigen di Rumah Sakit Gatot Subroto sebelum pelantikan.
“Terkait ini juga, bisa langsung menghubungi Ditjen Otda. Demikian untuk tiga provinsi yang akan dilakukan pelantikan,” tutur Akmal.
Dalam Pilgub Kepri 2020, pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina telah ditetapkan oleh KPU sebagai gubernur terpilih di Kepri. Sedangkan di Sumbar KPU menetapkan pasangan Mahyeldi-Audy.
Lalu terakhir di Bengkulu, KPU menetapkan pasangan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah sebagai Gubernur Bengkulu terpilih. Mereka merupakan petahana.
Editor : Aron
Sumber : kumparan