Ilutrasi. Anda dapat berupaya merawat kulit berminyak dengan menghindari jenis-jenis makanan sebagai berikut. (iStockphoto)

Kala sebagian orang mendambakan kulit sehat dan glowing, pemilik kulit berminyak harus berhadapan dengan ‘glowing’ akibat kelebihan sebum. Kondisi ini tak jarang ditambah dengan tampilan kulit kusam dan berjerawat.

Penyebabnya bermacam-macam, termasuk makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Makanan tertentu memang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk kulit apalagi untuk kulit berminyak.

Sembari memulihkan jerawat dengan skincare, Anda juga dapat berupaya merawat kulit berminyak dengan menghindari jenis-jenis makanan sebagai berikut.

1. Soda

Di bawah payung nama soft drink, minuman soda memberikan sensasi menggelitik di lidah.

Namun sensasi menyenangkan ini ternyata tidak menyenangkan buat kulit. Kandungan gula pada minuman soda bisa memicu inflamasi dan mengakibatkan jerawat.

2. Susu

Susu dianggap mampu melengkapi nutrisi harian terutama nutrisi yang tidak mampu dipenuhi lewat makanan yang dikonsumsi.

Namun pemilik kulit berminyak perlu mempertimbangkan kembali saat ingin memasukkan susu juga produk susu dalam diet harian.

Sebagaimana dilansir dari Stylecraze, susu tinggi akan kandungan hormon termasuk hormon testosteron yang bisa memicu kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Kulit pun makin berminyak dan rentan berjerawat.

3. Roti putih

Roti putih atau sereal sarapan Anda setiap hari bisa saja jadi penyebab kulit jadi berjerawat.

Tak hanya itu, Tasneem Bhatia, ahli penurunan berat badan, menyebut makanan lain seperti bagel, oatmeal, pasta juga bisa memperburuk kondisi kulit berminyak dan mempercepat kemunculan tanda penuaan.

“Walau mengklaim diri sereal ‘sehat’ dengan biji-bijian utuh, yang mana rendah indeks glikemik, bisa jadi mengandung glukosa yang memicu kemunculan kerutan,” ujar Bhatia mengutip dari Eat This, Not That!.

4. Makanan pedas

Rasa pedas kerap menambah nikmat makanan. Namun Anda perlu berhati-hati sebab konsumsi makanan pedas yang berlebihan bisa menciptakan racun buat tubuh.

Rasa pedas bisa menimbulkan panas, membuat kulit makin berminyak dan berjerawat. Sebaiknya pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat memperbanyak konsumsi sup dan salad sayur.

5. Camilan asin

Kelebihan konsumsi garam bisa memicu retensi cairan dan inflamasi. Kondisi ini pun bisa mengakibatkan kenaikan kadar minyak pada kulit karena mencoba melawan dehidrasi akibat garam.

Sebaiknya kontrol konsumsi garam dengan mengurangi konsumsi kacang asin, keripik, saus, dressing salad, sup instan, atau biskuit kemasan.

6. Piza

Sebaiknya pikirkan lagi untuk menyantap piza, mentega, makanan dengan krim, keju, cake juga kue kering. Kandungan lemak jenuh bisa meningkatkan peradangan pada kulit sehingga produksi minyak jadi berlebih.

Konsumsi lemak jenuh pun akan diperparah saat dipadukan dengan daging merah.  Ahli gizi holistic, Susan Tucker, mengungkapkan mereka yang menghindari daging kemudian memiliki kulit yang lebih bersih.

Sebaiknya ganti konsumsi daging merah dengan protein kaya omega 3 seperti ikan berlemak.

7. Produk pangan dari kedelai

Saat timbul keinginan untuk mengganti susu sapi dengan susu kedelai, sebaiknya pertimbangkan lagi keputusan ini. Kedelai mengandung isoflavon yang meniru estrogen sehingga bisa menyumbang jerawat di area dagu.

Kemudian cek lagi makanan yang Anda konsumsi sebab ada makanan tertentu yang memang dicampur kedelai dalam bentuk minyak misal mayones, keripik juga burger vegetarian.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia