Kamaru Usman menyatakan siap naik kelas di UFC andai Israel Adesanya benar-benar tak lagi berminat untuk bertarung di kelas menengah.

Usman saat ini merupakan penguasa kelas welter UFC. Dari empat petarung terbaik di daftar penantang, yaitu Gilbert Burns, Colby Covington, Leon Edwards, dan Jorge Masvidal, semua sudah dikalahkan Usman.

Dominasi di kelas welter itu yang memunculkan rumor Usman bakal naik ke kelas menengah untuk mencari tantangan baru.

Terkait hal tersebut, Usman menyatakan bahwa ia siap naik ke kelas menengah namun dengan syarat yang tak bisa ditawar. Syarat tersebut adalah Adesanya tidak lagi bertarung di kelas menengah.

Adesanya saat ini tengah bersiap untuk duel perebutan kelas light heavyweight melawan juara saat ini, Jan Blachowicz.”Tentu saja. Bila Izzy [Adesanya] ingin naik kelas [ke light heavyweight], dan ia memang sudah naik kelas saat ini, lalu bersedia menyerahkan sabuk kelas menengah sambil berkata ‘ia tidak akan beraksi lagi di kelas menengah’, tentu saja saya akan mewujudkan harapan itu,” kata Usman dalam wawancara dengan ESPN, dikutip dari MMA Junkie.

Duel tersebut adalah duel perdana Adesanya di kelas light heavyweight. Belum tahu pasti masa depan Adesanya setelah duel tersebut, kembali ke kelas menengah, aktif di light heavyweight, atau malah bersikukuh aktif di dua kelas tersebut.

Usman sendiri sudah lama menyatakan tidak ingin berduel lawan Adesanya. Usman lebih senang melihat Adesanya yang berdarah Nigeria sepertinya juga berjaya.

“Hal itu [duel lawan Adesanya] bukanlah hal yang membuat saya tertarik. Saya sudah berulang kali mengatakannya bahwa saya lebih suka melihat dua petarung Afrika dengan sabuk juara dibandingkan satu petarung Afrika dengan dua sabuk juara,” tutur Usman.

Usman sebelumnya juga telah menyatakan tidak ingin melawan Khabib Nurmagomedov di UFC. Usman menganggap Khabib sebagai sahabat.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia