Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pelayanan publik tak boleh hanya sekadar jargon. Hal itu disampaikannya setelah 12 polres meraih predikat Pelayanan Prima dari Kemen PAN RB.
Sigit meminta Irwasum Polri memeriksa polres untuk memastikan pelayanan mereka. Ia juga meminta jajarannya untuk terus berbenah diri.
“Saya ingin pelayanan publik ini tak sekadar jargon saja, tapi saya juga ingin kualitasnya tolong dicek. Oleh karena itu, nanti saya minta di setiap lokasi pelayanan tersebut ada desk pengaduan ada sistem handling complaint,” kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/2).
“Sehingga kita tahu pelayanan yang diberikan itu betul sesuai tadi ditampilkan. Oleh karena itu, bentuk tim pengawasan khusus. Irwasum untuk mengecek apakah pelayanan ini betul-betul disajikan atau tampilan saja,” sambung Sigit.
Sigit menuturkan, dirinya punya impian pelayanan Polri semakin baik sehingga masyarakat puas dan nyaman untuk memberikan pengaduan.
“Bagaimana anggota di sana bisa senyum memberikan pelayanan profesional masyarakat merasa nyaman, sehingga kemudian pada saat mereka pulang kembali ke rumah mereka bisa cerita pelayanan publik kepolisian sangat baik dan masyarakat puas. Itu yang menjadi pegangan saya,” ujar Sigit.
Sigit menyebut akan melibatkan kelompok masyarakat pemerhati untuk mengawasi kinerja jajarannya.
“Tentunya saya juga akan turunkan masyarakat dari kelompok pemerhati untuk langsung mengecek,” ucapnya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan