Samsung Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra. Foto: Samsung
Samsung melakukan banyak upgrade pada fitur kamera Galaxy S21 Series 5G, baik untuk menangkap foto maupun video. Peningkatan juga diberikan pada fitur Single Take yang memudahkan kita untuk ambil konten foto dan video hanya dengan sekali tekan tombol kamera.
Fitur Single Take dirilis perdana oleh Samsung pada tahun lalu di model Galaxy S20 Series. Di tahun 2021, fitur ini disebut dengan Single Take 2.0.
Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 10 detik untuk satu sesi pengambilan gambar. Jika nantinya pengguna tidak dapat memutuskan versi foto mana yang mereka suka, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Galaxy S21 Series 5G bakal memilih foto yang dianggap terbaik.
Single Take 2.0 akan menghasilkan sejumlah gambar, mulai dari foto diam, video hasil kurasi gambar terbaik seperti video khas Boomerang, video fast forward, sampai slow motion. Di sini pengguna dapat memilih pengaturan video baru seperti Highlight Video dan Dynamic Slow-Mo, yang memungkinkan kita untuk fokus pada aksi paling menarik dalam stills dan highlight reel.
Pada Galaxy S21 Series 5G, Single Take menangkap lebih banyak frame setiap detiknya. Hal inilah yang membuatnya makin epik untuk merekam momen-momen berharga.
Samsung telah memperkuat pemrosesan gambar yang lebih baik pada kamera Galaxy S21 Series 5G sehingga sangat mungkin untuk mendapatkan gambar yang cerah, bahkan dalam kegelapan sekalipun.
Dengan memakai Single Take, kita tinggal memilih foto atau video yuang terbaik, untuk kemudian bisa secepat mungkin diunggah ke media sosial seperti TikTok dan Instagram.
Single Take di Kamera Galaxy S21 Series 5G, Sekali Rekam Dapat Banyak Foto Video (1)
Aplikasi kamera Samsung Galaxy S21+. Foto: Samsung
KJ Kim, CTO, EVP and Head of Mobile R&D Office di Samsung, mengatakan bahwa pihaknya memprioritaskan untuk membantu pengguna mengambil foto dan video berkualitas, tak peduli itu berada di tempat redup atau terang.
“Ada banyak teknologi dan inovasi baru yang dibutuhkan untuk mencapai ini dan itu dimulai dengan sensor gambar kami yang paling canggih,” katanya.
Single Take hanyalah satu dari sekian banyak fitur di kamera Galaxy S21 Series 5G. Samsung turut membekali Pro Grade Camera untuk meningkatkan kualitas gambar yang diambil dalam kondisi low-light.
Ada juga Nona-Binning 12MP yang mampu menggabungkan sembilan pixel dalam satu pixel dengan penyerapan cahaya dua kali lipat. Teknologi tersebut membuat momen di kondisi minim cahaya dapat didokumentasikan secara jernih. Apalagi jika menggunakan fitur Enhanced Bright Night.
Single Take di Kamera Galaxy S21 Series 5G, Sekali Rekam Dapat Banyak Foto Video (2)
Fitur terbaru Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G memberikan pilihan berbagai angle untuk konten yang lebih epik. Foto: Samsung
Fitur baru Samsung yang sejauh ini hadir eksklusif di Galaxy S21 Series 5G, adalah Director’s View. Ia membuat aplikasi kamera dapat memperlihatkan semua bidikan angle dari lensa kamera yang ada di Galaxy S21 Series 5G dalam satu waktu. Artinya, aplikasi kamera Director’s View akan memperlihat lensa dari kamera utama, Ultra Wide, hingga Telephoto, dalam sekali rekam, dan nanti pengguna tinggal memilih mau pakai lensa mana sepanjang perekaman berlangsung.
Saat perekaman itu sedang berlangsung, bisa turut diperkaya dengan Vlogger View yang menampilkan wajah pengguna dari bidikan kamera depan.
Semua perekaman video di smartphone Galaxy S21 Series 5G itu sudah bisa menangkap dalam kualitas 8K.
Samsung menyediakan Galaxy S21 Series 5G dalam tiga varian, yaitu Galaxy S21 5G, kemudian Galaxy S21+ 5G, dan yang tertinggi adalah Galaxy S21 Ultra 5G. Ketiganya dapat dibeli dipesan selama masa pre-order hingga 27 Januari 2021 di website resmi samsung.com/id/galaxylaunchpack/.
Editor : Parna
Sumber : kuparan