Foto: rosemary. Ist

Bertanam kini makin digandrungi masyarakat yang memiliki banyak waktu luang di masa pandemi Covid-19.

Tidak hanya mengisi waktu luang untuk mempercantik rumah, Anda juga bisa menanam tanaman obat yang bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Berikut adalah beberapa tanaman yang memiliki fungsi ganda baik sebagai obat juga keindahan dikutip Country Living.

1. Timi

Dikenal karena sifat antibakterinya, tanaman herba timi memiliki banyak berkhasiat. Ia tak hanya bisa mengobati jerawat secara alami tapi juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan mood.

Bentuknya mirip seperti tanaman semak. Ia juga dikenal sebagai rempah-rempah. Namun timi tetap bisa dijadikan tanaman hias yang cantik jika diletakkan dalam pot yang menarik.

Terkait virus, timi juga bisa digunakan sebagai desinfektan. Minyak esensial timi, yang dapat diekstrak dari daunnya, sering digunakan untuk meredakan batuk, radang sendi, luka, mual dan kelelahan.

2.Chamomile

Chamomile atau kamomil adalah tanaman rumpun bunga matahari. Ia memiliki bunga warna putih yang mengelilingi warna kuning .

Tanaman ini dikenal karena kualitasnya yang menenangkan. Ia biasa digunakan sebagai campuran teh dan bisa diimanfaatkan secara medis untuk meredakan gangguan pencernaan, peradangan, sakit gigi dan luka bakar.

Bunga ini biasanya ada di negara empat musim.

3. Lavender

Lavender memiliki banyak khasiat. Tanaman ini adalah penenang alami yang bagus untuk kondisi kulit kepala seperti ketombe dan membantu menenangkan kulit yang gatal.

Lavender juga dikatakan membantu mengalahkan kembung dan pencernaan yang buruk. Tanaman dengan bunga warna ungu ini juga ampuh mengusir nyamuk.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa hanya dengan menciumnya dapat menormalkan detak jantung dan tekanan darah. Lavender bisa jadi pilihan untuk dijadikan tanaman mempercantik rumah.

A bumblebee flies beyond lavender blossoms in Vienna, Austria June 17, 2018.  REUTERS/Lisi NiesnerFoto: REUTERS/Lisi Niesner
A bumblebee flies beyond lavender blossoms in Vienna, Austria June 17, 2018. REUTERS/Lisi Niesner

4. Lidah Buaya

Lidah buaya banyak ditemui di Indonesa. Tanaman in pun telah lama diketahui memilki banyak khasiat.

Gel pada lidah buaya adalah pengobatan yang telah lama dihormati untuk kulit terbakar matahari dan luka bakar ringan di permukaan. Gel dingin juga membuat menjadi pelembap.

Seperti kaktus, lidah buaya tumbuh subur di iklim panas dan kondisi kering. Tanaman lebih menyukai sinar matahari delapan hingga sepuluh jam per hari.

Tanam dalam campuran tanah pot kaktus atau tanah biasa dengan pasir bangunan atau perlit tambahan. Sirami hanya saat tanah kering dan pastikan pot memiliki banyak lubang drainase karena tanaman bisa membusuk jika terlalu banyak air.

5. Mawar

Sebagai astringent alami, mawar membantu mengencangkan pori-pori dan mengembalikan kekenyalan pada kulit. Bunga mawar yang indah ini juga memiliki sifat anti jamur, anti virus dan anti bakteri dan digunakan untuk meredakan demam, sakit tenggorokan dan batuk.

Untuk menanamnya, cobalah untuk memilih tempat yang cerah. Buang kelopak yang mati, rusak atau lemah secara teratur.

Bunga Mawar (Image by Josch13 from Pixabay)Foto: Bunga Mawar (Image by Josch13 from Pixabay)
Bunga Mawar (Image by Josch13 from Pixabay)

6. Valerian

Valerian atau valeriana dikenal dengan efek menenangkannya. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan, stres dan gangguan tidur.

Ia merupakan tanaman herba yang memiliki bunga berwarna putih keunguan. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk meredakan depresi ringan, sakit kepala, sakit perut, dan bahkan gejala menopause.

6. Rosemary

Ramuan dari rosemary ini terkenal karena banyak manfaat kesehatan. Termasuk perbaikan suasana hati, pengurangan peradangan dan pereda nyeri ringan.

Tanaman ini juga dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan, merangsang sirkulasi, dan menyembuhkan kondisi kulit. Rosemary bahkan bisa membantu mengeluarkan racun, mencegah infeksi bakteri dan merupakan penenang tradisional untuk sakit perut.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia