Real Madrid terhenti di semifinal Piala Super Spanyol. Itu setelah Los Blancos takluk 1-2 dari Athletic Bilbao.

Laga semifinal Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Athletic Bilbao digelar di La Rosaleda, Jumat (15/1/2021) dini hari WIB. Penampilan apik di babak pertama krusial dalam keberhasilan Bilbao menjejak partai final.

Bilbao memimpin di menit ke-18 setelah memanfaatkan kelengahan di pertahanan Madrid lewat Raul Garcia. Pelanggaran Lucas Vazquez terhadap Inigo Martinez di kotak penalti berujung gol kedua dari Garcia.

Bilbao menutup babak pertama unggul 2-0. Madrid meningkatkan intensitas di babak kedua dan mencoba mengejar, tapi hanya mendapatkan satu gol dari Karim Benzema.

Bilbao pun menang 2-1 dan lolos ke final untuk menantang Barcelona. Partai final akan digelar di Estadio de La Cartuja, Senin (18/1) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Real Madrid memulai dengan menjanjikan, langsung mendapatkan korner beruntun di empat menit pertama. Sepakan Luka Modric dari luar kotak penalti masih belum cukup membahayakan gawang Bilbao.

Eden Hazard melepaskan tembakan di menit ke-10, masih bisa diamankan oleh Unai Simon. Upaya kedua darinya dua menit berselang menyambut umpan Casemiro diblok oleh Inigo Martinez.

Peluang untuk Madrid di menit ke-17 dari tendangan bebas. Umpan lambung Toni Kroos disambar sundulan Sergio Ramos, namun masih tepat ke arah kiper.

GOL! Bilbao memimpin semenit berselang. Umpan terobosan Dani Garcia dituntaskan Raul Garcia yang tak terkawal di dalam kotak penalti.

Garcia kembali mengancam di menit ke-24. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti melebar tipis ke kanan gawang.

Madrid bereaksi dan sepakan Toni Kroos masih meluncu di atas gawang Bilbao. Tusukan Marco Asensio juga belum membuahkan hasil, dengan penyelesaian akhirnya melenceng ke kiri.

Penalti untuk Bilbao di menit ke-37! Lucas Vazquez melanggar Inigo Martinez dan wasit langsung menunjuk titik putih. Garcia maju sebagai eksekutor dan menaklukkan Thibaut Courtois dengan tembakan ke pojok kanan.

Upaya Kroos dari luar kotak penalti lagi-lagi belum mengancam Bilbao. Babak pertama tuntas 2-0 untuk keunggulan Bilbao.

Peluang dari Bilbao di menit ke-54 nyaris mengubah skor jadi 3-0. Tandukan Iker Muniain menyambut umpan Oscar de Marcos cuma meluncur tipis ke kanan gawang.

Madrid terus melancarkan tekanan ke Bilbao. Tembakan Asensio di menit ke-58 masih melebar. Percobaan lainnya dari sang gelandang empat menit kemudian cuma mengenai tiang!

Asensio! Kembali tendangannya hanya hampir menjadi gol, kali ini mengenai mistar gawang di emnit ke-69.

GOL! Madrid benar-benar mencetak gol di menit ke-73. Karim Benzema menyambar umpan sundulan dari Casemiro dan menaklukkan Unai Simon dari jarak dekat. Hakim garis mengangkat bendera tanda offside, tapi Video Assistant Referee (VAR) memastikan keputusan itu keliru dan gol Benzema sah.

Benzema kembali mencetak gol di menit ke-82, setelah menerima umpan dari Ferland Mendy. Hakim garis kembali menunjuknya dalam posisi offside dan kali ini VAR mengonfirmasi keputusan tersebut.

Nyaris Ramos menyamakan kedudukan di menit ke-87. Bek 34 tahun itu mengungguli Inigo Martinez dalam duel udara dan tandukannya bergulir tipis ke kanan gawang.

Madrid selamat dari ancaman serius Bilbao di menit ke-92, ketika Inaki Williams lolos dan menerima bola di sisi kiri di dalam kotak penalti. Casemiro melakukan tekel krusial dan menggagalkan kesempatannya menembak.

Peluang dari Madrid dua menit kemudian. Umpan silang Vinicius disundul Ramos, namun belum menemui sasaran karena melebar ke kanan.

Nyaris Mendy!Tembakannya dari depan kotak penalti meluncur tipis di atas gawang Bilbao. Tak ada gol lagi sampai laga tuntas, Madrid harus mengakui kemenangan Bilbao.

Susunan pemain:

Real Madrid: Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Raphael Varane (Nacho 46′), Sergio Ramos, Ferland Mendy; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (Federico Valverde 67′); Marco Asensio, Karim Benzema (Mariano Diaz 88′), Eden Hazard (Vinicius Jr 67′)

Athletic Bilbao: Unai Simon; Ander Capa (Lekue 68′), Unai Nunez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga (JOn Morcillo 79′); Oscar de Marcos, Dani Garcia, Unai Vencedor (Mikel Vesga 68′), Iker Muniain (Alex Berenguer 71′); Raul Garcia (Asier VIlalibre 79′), Inaki Williams

Editor : Aron
Sumber : detik