Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak diganti, Kamis (19/11). Kini jabatan tersebut dipegang Brigadir Jenderal Agus Subiyanto.

Brigjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Resort Militer Surya Kencana, Kodam Siliwangi.

Pergantian pucuk komando Paspampres ini diketahui dari surat keputusan yang beredar di kalangan wartawan. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad membenarkan pergantian di pucuk pimpinan Paspampres tersebut.

“Betul Skepnya (surat keputusan) sudah dikeluarkan,” ujar Riad kepada CNNIndonesia.com.

Agus merupakan lulusan Akademi Militer 1991. Ia telah menduduki sejumlah jabatan di lingkungan TNI AD, seperti Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus, Kepala Penerangan Korps Pasukan Khusus, hingga Wakil Komandan Pusan Kesenjataan Infanteri pada 2019.

Agus berpengalaman dalam bidan infanteri. Ia besar di kesatuan Kopassus. Pangkat Agus akan naik menjadi mayor jenderal setelah resmi dilantik.

Saat dikonfirmasi, Agus juga membenarkan hal ini. “Terima kasih atas dukungannya, semoga amanah,” kata Agus.

Sementara itu Mayjen Maruli diangkat sebagai Panglima Kodam Udayana. Menantu Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan itu telah menjabat sebagai Danpaspampres sejak November 2018 lalu.

Maruli sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Diponegoro. Jenderal bintang dua itu juga pernah menduduki posisi Wakil Danpaspampres.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia