Timnas Brasil mengalahkan Uruguay 2-0 dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Centenario, Rabu (18/11) pagi waktu Indonesia. Di laga ini, penyerang Uruguay Edinson Cavani diusir wasit.

Duel kedua tim berjalan menarik di awal laga. Uruguay dan Brasil bergantian menciptakan peluang untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Brasil mendapatkan peluang melalui Gabriel Jesus yang masih dimentahkan. Uruguay merespons dengan menciptakan peluang lewat Darwin Nunez dan Edinson Cavani yang belum berbuah gol.

Selecao yang bertindak sebagai tim tamu mampu unggul lebih dulu pada menit ke-34. Tembakan kaki kanan Arthur dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kiri gawang tanpa bisa dicegah kiper Uruguay, Martin Campana.

Brazil's Renan Lodi, right, and Uruguay's Edinson Cavani battle for the ball during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 at the Centenario stadium In Montevideo, Uruguay, Tuesday, Nov. 17, 2020. (AP Photo/Matilde Campodonico, Pool)Penyerang Uruguay Edinson Cavani diusir wasit pada pertengahan babak kedua saat melawan Brasil. (AP/Matilde Campodonico)

Brasil bermain lebih lepas setelah unggul 1-0. Roberto Firmino sempat mendapatkan peluang untuk memperbesar keunggulan tetapi tendangan kaki kirinya masih bisa diantisipasi.

Jelang babak pertama usai, upaya Brasil membuahkan hasil. Skuad asuhan Tite unggul 2-0 setelah sundulan Richarlison memanfaatkan umpan silang Renan Lodi menggetarkan gawang Uruguay.

Di babak kedua, Uruguay yang berupaya memperkecil kekalahan justru harus bermain dengan 10 orang. Cavani diusir wasit setelah menginjak kaki Richarlison saat berupaya menghentikan serangan balik yang dibangun tim tamu.

Bermain dengan 10 orang, Uruguay tidak bisa berbuat banyak untuk mencetak gol ke gawang Ederson. Skor 2-0 untuk kemenangan Brasil tidak berubah hingga babak kedua usai.

Hasil positif di kandang Uruguay membuat Brasil menyapu bersih kemenangan di empat laga awal Kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL. Richarlison dkk mengoleksi 12 poin dan nyaman berada di puncak klasemen, sementara Uruguay berada di posisi kelima.

Susunan pemain

Uruguay (4-4-2): Martin Campana; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Agustin Oliveros; Nahitan Nandez, Lucas Torreira, Rodrigo Bentancur, Nicolas De La Cruz; Edinson Cavani, Darwin Nunez.

Brasil (4-3-3): Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi; Arthur, Douglas Luiz, Everton Ribeiro; Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison.

 

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia