Ilustrasi bendera China. (istockphoto/ Rawpixel)

China akhirnya mengucapkan selamat kepada presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden, Jumat (13/11). Lewat ucapan itu, China menyatakan bahwa mereka menghormati pilihan rakyat Amerika.

Ucapan selamat dari China disampaikan hampir sepekan setelah Biden dan Kamala Harris memenangkan pilpres AS mengalahkan pasangan petahana Donald Trump-Mike pence.

“Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami mengucapkan selamat kepada Mr Biden dan Ms Harris,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada jumpa pers rutin seperti dikutip dari AFP.

China termasuk menjadi negara yang belakangan memberi ucapan selamat kepada Biden.

Beijing sebelumnya mengungkapkan bahwa mereka belum memberi selamat kepada Joe Biden karena menganggap hasil pemungutan suara Pilpres AS 2020 masih belum diumumkan.

Tiongkok bersama sejumlah negara besar termasuk Rusia dan Meksiko masih belum memberi ucapan selamat kepada Biden setidaknya hingga kemarin. Beijing mengatakan pihaknya menganggap Biden menyatakan diri pemenang pilpres.readyviewed Biden yang memimpin lebih dari lima juta suara pemilih (popular vote), mengukuhkan kemenangannya pada Kamis malam dengan memenangkan Arizona, kata media AS.

Trump sendiri telah berulang kali mengklaim terjadi kecurangan dalam pemilu. Baru-baru ini dia me-retweet klaim tak berdasar bahwa 2,7 juta suara yang memilih dirinya dihapus dan ratusan ribu suara pemilih yang didapat telah dialihkan ke Joe Biden.

Pejabat pemilu AS mengatakan tidak ada bukti surat suara yang mencurigakan atau sistem pemungutan suara yang korup dalam pemilu AS.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia