Huawei Harmony OS(digitaltrends.com) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Huawei Mulai Rilis HarmonyOS untuk Ponsel pada Desember 2020", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2020/11/10/14390077/huawei-mulai-rilis-harmonyos-untuk-ponsel-pada-desember-2020. Penulis : Conney Stephanie Editor : Oik Yusuf Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat: Android: https://bit.ly/3g85pkA iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Pada September lalu, Huawei telah resmi memperkenalkan HarmonyOS 2.0. Versi beta dari sistem operasi ini kabarnya akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Menurut President of Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu, HarmonyOS 2.0 SDK (software development kit) versi akan beta mulai tersedia pada tanggal 18 Desember mendatang.

Sementara, Chenglu mengatakan bahwa sistem operasi HarmonyOS 2.0 rencananya bakal digunakan di perangkat smartphone Huawei pada awal tahun 2021.Huawei tidak menyebutkan secara rinci fitur apa saja yang hadir pada HarmonyOS 2.0. Namun, raksasa China itu sempat mengklaim bahwa HarmonyOS 2.0 membawa peningkatan dari segi keamanan, sistem pendeteksi suara, dan kemampuan transfer data lintas perangkat yang lebih cepat.

Selain smartphone, HarmonyOS 2.0 juga akan digunakan di perangkat lain seperti PC, smartwatch, smart speaker, smart TV, tablet, hingga head unit yang terpasang di dalam mobil.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (10/11/2020), Huawei berharap Harmony OS sepenuhnya menjadi OS open source pada Agustus 2021.

Seperti yang dikatakan oleh Senior Vice President Public Affair Huawei, Joy Tan, faktor keamanan menjadi salah satu keunggulan HarmonyOS. Menurut Tan, OS Harmony memiliki lebih sedikit baris kode, namun tingkat keamanannya lebih baik dibandingkan OS mobile yang ada saat ini.

HarmonyOS dan ekosistem HMS Ecology juga disebut tetap menjadi prioritas pengembangan Huawei. Karena telah putus hubungan dari Google, Huawei kini menggunakan Android versi open source (AOSP) di ponselnya, dengan Huawei Mobile Services (HMS) untuk menggantikan ekosistem layanan dan aplikasi Google.

 

Editor : Parna