Ilustrasi makan soto betawi. Foto: Toshiko Potoboda/kumparan
Seorang perempuan yang melakukan protes usai makan soto betawi menuai sorotan warganet. Sebabnya, total biaya makan perempuan tersebut dan teman-temannya mencapai Rp600 ribu. Namun, protes tersebut justru menuai cibiran warganet.
Momennya dibagikan akun @ifotainment di Instagram, pada Jumat (5/10/2020). Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, tampak seorang perempuan tengah memegang buku tagihan dan berbicara kepada pelayan.
Adapun perempuan tersebut ternyata melakukan protes sambil bercanda lantaran makanannya dinilai terlalu mahal. Ia bahkan membandingkan menu es teh manis di restoran tersebut yang harganya Rp30 ribu dengan di warung yang cuma Rp2 ribu.
Protes Makan Soto Betawi Habis Rp600 Ribu, Perempuan Ini Malah Tuai Cibiran (1)
Protes foto betawi harganya mahal. (Foto: @ifotainment/Instagram)
“Ini airnya dari mana? Ini kalau di warung cuma Rp2 ribu lho. Ini airnya darimana? luar negeri ya?” kata perempuan tersebut sambil tertawa-tawa.
Tak berhenti di sana, ia kembali bertanya kepada pelayan restoran mengenai total biaya makan bersama teman-temannya. Ia pun terkejut dengan harga yang mencapai Rp600 ribu, padahal hanya makan soto betawi dan es teh.
“Berlima Rp600 ribu lebih guys. Gila ga sih ini, es-nya dari luar negeri kali ya, dari Amerika,” lanjut perempuan tersebut.
Aksi protes perempuan itu pun tuai cibiran warganet. Pasalnya, harga Rp600 ribu bila untuk enam orang dinilai tidak terlalu mahal bila berada di kota besar. Terlebih, fasilitas yang diberikan tak sesuai bila dibandingkan dengan kaki lima atau warung.
“Soto betawi ber 5 kena 600.000, terus bila es teh di warung cuma 2 ribuan. Yah kan di warung belum pakai AC, belum tentu tempatnya nyaman, dan lain-lain,” kata akun pengunggah video.
Unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga lebih dari 50 ribu kali dan disukai oleh ribuan orang. Kebanyakan warganet menyayangkan sikap perempuan tersebut, beberapa bahkan mencibirnya.
“Pernah makan soto kudus, berdua abis hampir 500 ribu. Tapi yaudah, cukup bayar dan tau, berarti besok besok jangan ke situ lagi. Gak perlu direkam dan disebar sih menurutku. Kalau mampu ya balik lagi, kalau menurut kita gak masuk akal harganya, ya jangan ke situ lagi. Market mereka bukan kita,” kata akun @perlengkapandisplay.
Meski begitu, ada pula membela perempuan yang protes saat makan soto tersebut. Menurut beberapa warganet, mereka juga akan terkejut bila menemukan menu dengan harga segitu.
“Semua pada nyalahiinn mbaknya hahaha. Coba lu yang ada di posisi mbaknya, es teh 30 ribu, kira-kira terima gak lu say. Kurang-kurangin lah komen jahat,” sebut akun @nophinem.
Editor : aron
Sumber : kumparan